Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWI PADA MATA KULIAH ASKEB I DI AKADEMI KEBIDANAN PEMERINTAH KABUPATEN LANGKAT TAHUN 2013
Oleh : AFNI RAFIâAH
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Cara belajar, Prestasi belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id
Cara belajar yang dilakukan seseorang sangat berkaitan dengan bahan pelajaran yang dipelajarinya, pemahaman, pengertian dan penyerapan mahasiswa terhadap pelajaran dan hasil belajarnya disamping suatu kebiasaan dan cara belajar yang baik akan sangat membantu adanya proses belajar yang sedang berlangsung. Sebagaimana yang di kemukakan oleh Zahara âPada umumnya mahasiswa menonjol prestasinya diperkuliahan adalah mahasiswa-mahasiswa yang memiliki keteraturan dalam belajar, terlebih-lebih dalam mengikuti pelajaran yang diberikan oleh dosenâ.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan studi korelasi untuk mengetahui. Hubungan Cara Belajar Dengan Prestasi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Askeb I di Akademi Kebidanan Pemerintahan Kabupaten Langkat Tahun 2013, karena itu peneliti cenderung untuk mencari hubungan dan menguji keberartian dari hubungan yang terjadi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat I Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Langkat Tahun 2013, dengan jumlah total mahasiswa 150 orang, terdiri dari 3 kelas yang masing-masing mahasiswi di setiap kelas yaitu kelas A = 50 mahasiswi, kelas B = 50 mahasiswi, dan kelas C = 50 mahasiswi. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik random sampling yaitu pengambilan data secara acak sebanyak 60 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 60 responden cara belajar berdasarkan menghapal dan membaca mayoritas kurang sebanyak 41 orang (68,3%) dan minoritas baik yaitu 6 orang (10,0%) dengan berdasarkan chi-square diperoleh nilai probabilitas (p-value) = 0,002< 0,05, hal ini menunjukkan ada hubungan cara belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb I di akademi kebidanan pemerintahan kabupaten langkat tahun 2013.
Kesimpulannya bahwa makin efektif pelaksanaan cara belajar mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran maka prestasi belajar Askeb I akan semakin baik atau memiliki hubungan yang kuat. Untuk masukan bagi dosen dalam meningkatkan manajemen pembelajaran agar lebih mudah dipahami oleh mahasiswa dalam menerima dari proses pembelajaran.
Cara belajar yang dilakukan seseorang sangat berkaitan dengan bahan pelajaran yang dipelajarinya, pemahaman, pengertian dan penyerapan mahasiswa terhadap pelajaran dan hasil belajarnya disamping suatu kebiasaan dan cara belajar yang baik akan sangat membantu adanya proses belajar yang sedang berlangsung. Sebagaimana yang di kemukakan oleh Zahara âPada umumnya mahasiswa menonjol prestasinya diperkuliahan adalah mahasiswa-mahasiswa yang memiliki keteraturan dalam belajar, terlebih-lebih dalam mengikuti pelajaran yang diberikan oleh dosenâ.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan studi korelasi untuk mengetahui. Hubungan Cara Belajar Dengan Prestasi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Askeb I di Akademi Kebidanan Pemerintahan Kabupaten Langkat Tahun 2013, karena itu peneliti cenderung untuk mencari hubungan dan menguji keberartian dari hubungan yang terjadi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat I Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Langkat Tahun 2013, dengan jumlah total mahasiswa 150 orang, terdiri dari 3 kelas yang masing-masing mahasiswi di setiap kelas yaitu kelas A = 50 mahasiswi, kelas B = 50 mahasiswi, dan kelas C = 50 mahasiswi. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik random sampling yaitu pengambilan data secara acak sebanyak 60 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 60 responden cara belajar berdasarkan menghapal dan membaca mayoritas kurang sebanyak 41 orang (68,3%) dan minoritas baik yaitu 6 orang (10,0%) dengan berdasarkan chi-square diperoleh nilai probabilitas (p-value) = 0,002< 0,05, hal ini menunjukkan ada hubungan cara belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb I di akademi kebidanan pemerintahan kabupaten langkat tahun 2013.
Kesimpulannya bahwa makin efektif pelaksanaan cara belajar mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran maka prestasi belajar Askeb I akan semakin baik atau memiliki hubungan yang kuat. Untuk masukan bagi dosen dalam meningkatkan manajemen pembelajaran agar lebih mudah dipahami oleh mahasiswa dalam menerima dari proses pembelajaran.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Darwin Syamsul, SSi, M.Si, Apt
dr. Hj. Razia Begum Suroyo, M.Sc, M.Kes, Editor: LPPM STIKes Helvetia