Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA D-III KEBIDANAN DI AKADEMI KEBIDANAN BUDI MULIA MEDAN TAHUN 2012

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : AGHETTA ASSHARI
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id

Kecerdasan emosional sangat dipengaruhi oleh lingkungan, tidak bersifat menetap, dapat berubah-ubah setiap saat.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa D-III Kebidanan Budi Mulia Medan.


Jenis penelitian ini adalah analitik korelasional dengan desain cross sectional. Lokasi penelitian di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-September 2012. Populasi sebanyak 30 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah total sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian bahwa kecerdasan emosional tingkat kecerdasan emosional mahasiswa mayoritas baik yaitu sebanyak 17 orang (56.7%) dan minoritas dengan kecerdasanemosional sangat baik sebanyak 3 orang (10%). Mayoritas dengan motivasi baik sebanyak 15 responden (50.0%) dan minoritas sangat baik 3 responden (10%).motivasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan Ada hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa D-III Kebidanan, diperoleh X2hitung r (=0,761) dan nilai probabilitas (p) = 0,000.


Kesimpulan penelitian ini bahwa Adanya hubungan yang mayoritas baik kecerdasan emosional dengan motivasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan tahun 2012

Deskripsi Alternatif :

Kecerdasan emosional sangat dipengaruhi oleh lingkungan, tidak bersifat menetap, dapat berubah-ubah setiap saat.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa D-III Kebidanan Budi Mulia Medan.


Jenis penelitian ini adalah analitik korelasional dengan desain cross sectional. Lokasi penelitian di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-September 2012. Populasi sebanyak 30 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah total sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian bahwa kecerdasan emosional tingkat kecerdasan emosional mahasiswa mayoritas baik yaitu sebanyak 17 orang (56.7%) dan minoritas dengan kecerdasanemosional sangat baik sebanyak 3 orang (10%). Mayoritas dengan motivasi baik sebanyak 15 responden (50.0%) dan minoritas sangat baik 3 responden (10%).motivasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan Ada hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa D-III Kebidanan, diperoleh X2hitung r (=0,761) dan nilai probabilitas (p) = 0,000.


Kesimpulan penelitian ini bahwa Adanya hubungan yang mayoritas baik kecerdasan emosional dengan motivasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan tahun 2012

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Salim Akhtar, S.Pd, M.Pd


    Dra. Nurmaida, M.Psi


    , Editor: LPPM STIKes Helvetia