Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA D-III KEBIDANAN DI AKADEMI KEBIDANAN BUDI MULIA MEDAN TAHUN 2012
Oleh : AGHETTA ASSHARI
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id
Kecerdasan emosional sangat dipengaruhi oleh lingkungan, tidak bersifat menetap, dapat berubah-ubah setiap saat.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa D-III Kebidanan Budi Mulia Medan.
Jenis penelitian ini adalah analitik korelasional dengan desain cross sectional. Lokasi penelitian di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-September 2012. Populasi sebanyak 30 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah total sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian bahwa kecerdasan emosional tingkat kecerdasan emosional mahasiswa mayoritas baik yaitu sebanyak 17 orang (56.7%) dan minoritas dengan kecerdasanemosional sangat baik sebanyak 3 orang (10%). Mayoritas dengan motivasi baik sebanyak 15 responden (50.0%) dan minoritas sangat baik 3 responden (10%).motivasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan Ada hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa D-III Kebidanan, diperoleh X2hitung r (=0,761) dan nilai probabilitas (p) = 0,000.
Kesimpulan penelitian ini bahwa Adanya hubungan yang mayoritas baik kecerdasan emosional dengan motivasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan tahun 2012
Kecerdasan emosional sangat dipengaruhi oleh lingkungan, tidak bersifat menetap, dapat berubah-ubah setiap saat.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa D-III Kebidanan Budi Mulia Medan.
Jenis penelitian ini adalah analitik korelasional dengan desain cross sectional. Lokasi penelitian di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-September 2012. Populasi sebanyak 30 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah total sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian bahwa kecerdasan emosional tingkat kecerdasan emosional mahasiswa mayoritas baik yaitu sebanyak 17 orang (56.7%) dan minoritas dengan kecerdasanemosional sangat baik sebanyak 3 orang (10%). Mayoritas dengan motivasi baik sebanyak 15 responden (50.0%) dan minoritas sangat baik 3 responden (10%).motivasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan Ada hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa D-III Kebidanan, diperoleh X2hitung r (=0,761) dan nilai probabilitas (p) = 0,000.
Kesimpulan penelitian ini bahwa Adanya hubungan yang mayoritas baik kecerdasan emosional dengan motivasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan tahun 2012
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Salim Akhtar, S.Pd, M.Pd
Dra. Nurmaida, M.Psi
, Editor: LPPM STIKes Helvetia