Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN PATOLOGI DI AKADEMI KEBIDANAN SUMATERA TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : Ana Lestari (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Manajemen Kelas, Hasil Belajar
Url : http://helvetia.ac.id/library

Tugas dan tanggungjawab utama seorang pendidik adalah mengelola pengajaran dengan lebih efektif, dinamis dan efesien dan positif, yang ditandai dengan adanya kesadaran dan keterlibatan aktif diantara dua subjek pengajaran, pendidik sebagai penginisiatif awal dan pengarah serta pembimbing, sedang peserta didik sebagai yang mengalami dan terlibat aktif untuk memperoleh perubahan diri dalam pengajaran. Berdasarkan survey awal yang dilakukan peneliti di Akademi Kebidanan Sumatera Utara di dapat 50,63% mendapatkan nilai C pada mata kuliah asuhan kebidanan patologi. Desain penelitian ini bersifat studi korelasi, hal ini dilakukan untuk melihat hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kebidanan tingkat III di Akademi Kebidanan Sumatera Utara Tahun 2013 berjumlah 160 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 25% dari populasi yaitu sebanyak 40 responden. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling yaitu pengambilan secara acak tanpa memperhatikan strata. Hasil penelitian menunujukkan bahwa dari data univariat Membuktikan bahwa dari manajemen kelas di akademi kebidanan sumatera utara mayoritas cukup yaitu sebanyak 21 orang (52,5).hasil belajar asuhan kebidanan patologi di akademi kebidanan sumatera utara mayoritas baik sebanyak 22 orang (55.%). Dari hasil analisis bivariat dan tabulasi silang dari manajemen kelas dengan hasil belajar asuhan kebidanan patologi dengan kategori cukup sebanyak 21 orang (52.5 %). Kesimpulan penelitian ini bahwa manajemen kelas berhubungan signifikan dengan hasil belajar asuhan kebidanan patologi.

Deskripsi Alternatif :

Tugas dan tanggungjawab utama seorang pendidik adalah mengelola pengajaran dengan lebih efektif, dinamis dan efesien dan positif, yang ditandai dengan adanya kesadaran dan keterlibatan aktif diantara dua subjek pengajaran, pendidik sebagai penginisiatif awal dan pengarah serta pembimbing, sedang peserta didik sebagai yang mengalami dan terlibat aktif untuk memperoleh perubahan diri dalam pengajaran. Berdasarkan survey awal yang dilakukan peneliti di Akademi Kebidanan Sumatera Utara di dapat 50,63% mendapatkan nilai C pada mata kuliah asuhan kebidanan patologi. Desain penelitian ini bersifat studi korelasi, hal ini dilakukan untuk melihat hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kebidanan tingkat III di Akademi Kebidanan Sumatera Utara Tahun 2013 berjumlah 160 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 25% dari populasi yaitu sebanyak 40 responden. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling yaitu pengambilan secara acak tanpa memperhatikan strata. Hasil penelitian menunujukkan bahwa dari data univariat Membuktikan bahwa dari manajemen kelas di akademi kebidanan sumatera utara mayoritas cukup yaitu sebanyak 21 orang (52,5).hasil belajar asuhan kebidanan patologi di akademi kebidanan sumatera utara mayoritas baik sebanyak 22 orang (55.%). Dari hasil analisis bivariat dan tabulasi silang dari manajemen kelas dengan hasil belajar asuhan kebidanan patologi dengan kategori cukup sebanyak 21 orang (52.5 %). Kesimpulan penelitian ini bahwa manajemen kelas berhubungan signifikan dengan hasil belajar asuhan kebidanan patologi.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Vivi Eulis Diana, Razia Begum Suroyo, Editor: LPPM STIKes Helvetia