Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK MATA KULIAH ILMU KESEHATAN ANAK PADA MAHASISWI TINGKAT II DI AKBID PEMKAB KARO KABANJAHE TAHUN 2014

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : Anastasia Malau
Dibuat : , dengan 2 file

Keyword : Konsep diri, Prestasi akademik
Url : http://www.helvetia.ac.id

Prestasi akademik tidak semata-mata ditentukan oleh faktor intelegensi, ada faktor dari luar maupun dari dalam mahasiswi tersebut yang mempengaruhi prestasi akademik, salah satunya adalah konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mata kuliah ilmu kesehatan anak pada mahasiswi tingkat II di Akbid Pemkab Karo Kabanjahe. Desain penelitian ini adalah penelitian survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan dengan sampel sebanyak 47 mahasiswi. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu kuesioner untuk mendapatkan informasi tentang konsep diri mahasiswi dan data sekunder yaitu nilai mata kuliah Ilmu Kesehatan Anak mahasiswi tingkat II di Akademi Kebidanan Pemkab Karo Kabanjahe Tahun 2014 yang diambil dari bagian evaluasi. Hasil uji statistik dengan menggunakan Chi-square hubungan antara konsep diri dengan prestasi akademik mata kuliah Ilmu Kesehatan Anak pada tingkat kepercayaan 95% dengan α = 0,05 diperoleh Sig (2-tailed) = 0,000 α 0,05, hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan pada mahasiswi tingkat II di Akademi Kebidanan Pemkab Karo Kabanjahe Tahun 2014. Sebagian besar mahasiwi memiliki konsep diri negatif, dan hal tersebut menurunkan motivasi belajar mahasiswi sehingga prestasi akademik mata kuliah Ilmu Kesehatan Anak mahasiswi juga berada dalam kategori cukup.

Deskripsi Alternatif :

Prestasi akademik tidak semata-mata ditentukan oleh faktor intelegensi, ada faktor dari luar maupun dari dalam mahasiswi tersebut yang mempengaruhi prestasi akademik, salah satunya adalah konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mata kuliah ilmu kesehatan anak pada mahasiswi tingkat II di Akbid Pemkab Karo Kabanjahe. Desain penelitian ini adalah penelitian survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan dengan sampel sebanyak 47 mahasiswi. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu kuesioner untuk mendapatkan informasi tentang konsep diri mahasiswi dan data sekunder yaitu nilai mata kuliah Ilmu Kesehatan Anak mahasiswi tingkat II di Akademi Kebidanan Pemkab Karo Kabanjahe Tahun 2014 yang diambil dari bagian evaluasi. Hasil uji statistik dengan menggunakan Chi-square hubungan antara konsep diri dengan prestasi akademik mata kuliah Ilmu Kesehatan Anak pada tingkat kepercayaan 95% dengan α = 0,05 diperoleh Sig (2-tailed) = 0,000 α 0,05, hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan pada mahasiswi tingkat II di Akademi Kebidanan Pemkab Karo Kabanjahe Tahun 2014. Sebagian besar mahasiwi memiliki konsep diri negatif, dan hal tersebut menurunkan motivasi belajar mahasiswi sehingga prestasi akademik mata kuliah Ilmu Kesehatan Anak mahasiswi juga berada dalam kategori cukup.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Rina Hanum, M.Kes dan Miskah Afriany, M. Psi, Editor: LPPM STIKes Helvetia