Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN LABORATORIUM MATA KULIAH ASKEB I DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER II AKADEMI SARI MUTIARA MEDAN TAHUN 2013

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : ANITA ARUAN
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Pembelajaran Laboratorium, Askeb I, Hasil Belajar.
Url : http://www.helvetia.ac.id

Metodologi Pembelajaran Laboratorium adalah prosedur yang disengaja dirancang untuk membantu mahasiswa belajar dengan baik dan dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.


Metode penelitian ini bersifat deskriptif analitik, untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran laboratorium antenatal care dengan hasil belajar praktik asuhan kebidanan kehamilan pada mahasiswa di Akademi Kebidanan Sari Mutiara Medan tahun 2013, waktu penelitian dimulai dari bulanJuni sampai Agustus 2013, sampel penelitian ini sebagian dari populasi dijadikan menjadi sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, data di analisis dengan menggunakan uji chi square.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran laboratorium dengan hasil belajar praktik yang tercermin dalam nilai korelasi 〖r-xy〗_hitung. Interpretasi angka ini adalah korelasi sangat kuat karena berada direntang simulasi0,037<0,050, demonstrasi 0,007<0,05, studi mandiri 0,005<0,05. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.


Kesimpulan penelitian ini bahwa semakin baik mahasiswa mengetahui metode pembelajaran laboratorium maka semakin baik pula nilai hasil belajar Asuhan Kebidanan Kehamilan mahasiswa. Disarankan kepada mahasiswa untuk dapat lebih termotivasi meningkatkan pengetahuan dalam belajar, khususnya dalam memperoleh informasi kesehatan terbaru yang lebih.

Deskripsi Alternatif :

Metodologi Pembelajaran Laboratorium adalah prosedur yang disengaja dirancang untuk membantu mahasiswa belajar dengan baik dan dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.


Metode penelitian ini bersifat deskriptif analitik, untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran laboratorium antenatal care dengan hasil belajar praktik asuhan kebidanan kehamilan pada mahasiswa di Akademi Kebidanan Sari Mutiara Medan tahun 2013, waktu penelitian dimulai dari bulanJuni sampai Agustus 2013, sampel penelitian ini sebagian dari populasi dijadikan menjadi sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, data di analisis dengan menggunakan uji chi square.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran laboratorium dengan hasil belajar praktik yang tercermin dalam nilai korelasi 〖r-xy〗_hitung. Interpretasi angka ini adalah korelasi sangat kuat karena berada direntang simulasi0,037<0,050, demonstrasi 0,007<0,05, studi mandiri 0,005<0,05. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.


Kesimpulan penelitian ini bahwa semakin baik mahasiswa mengetahui metode pembelajaran laboratorium maka semakin baik pula nilai hasil belajar Asuhan Kebidanan Kehamilan mahasiswa. Disarankan kepada mahasiswa untuk dapat lebih termotivasi meningkatkan pengetahuan dalam belajar, khususnya dalam memperoleh informasi kesehatan terbaru yang lebih.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Erni Naibaho, SST, M.Kes


    Iman Muhammad, SE, S.Kom, MM, M. Kes, Editor: LPPM STIKes Helvetia