Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN METODE BELAJAR MANDIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH ASKEB I (ANC) PADA MAHASISWA SEMESTER III DI AKADEMI KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES BENGKULU TAHUN 2014

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : AYU FIONA CITRA DEWI
Dibuat : , dengan 2 file

Keyword : Metode Belajar Mandiri, Hasil Belajar ASKEB I (ANC)
Url : http://www.helvetia.ac.id

Seorang tenaga pendidik harus menguasi teknik metode pembelajaran supaya peserta didik dapat belajar secara efektif dan efisien. Salah satu metode pembelajaran yang tepat digunakan untuk mendukung keberhasilan proses belajar mengajar adalah dengan menggunakan metode belajar mandiri. Belajar mandiri bertujuan untuk melatih keterampilan, kemauan dari diri sendiri dan tanggung jawab sehingga mampu menuntaskan mata kuliah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode belajar mandiri dengan hasil belajar mata kuliah ASKEB I pada mahasiswa semester III di Akademi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bengkulu Tahun 2014. Penelitian yang dilakukan menggunakan desain penelitian survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III di Akademi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bengkulu sebanyak 39 orang dan sampel menggunakan total population. Hasil penelitian bahwa dalam menerapkan metode belajar mandiri mayoritas baik sebanyak 31 mahasiswa (79,5%) dan minoritas kurang sebanyak 2 mahasiswa (5,1%). Hasil belajar ASKEB I (ANC) mayoritas sangat baik sebanyak 24 mahasiswa (61,5) dan minoritas kurang sebanyak 1 mahasiswa (2,6%). Hasil uji Chi-Square diperoleh p = 0,000 < 0,05 artinya dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara metode belajar mandiri dengan hasil belajar mata kuliah ASKEB I (ANC) pada mahasiswa semester III di Akademi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bengkulu tahun 2014.

Deskripsi Alternatif :

Seorang tenaga pendidik harus menguasi teknik metode pembelajaran supaya peserta didik dapat belajar secara efektif dan efisien. Salah satu metode pembelajaran yang tepat digunakan untuk mendukung keberhasilan proses belajar mengajar adalah dengan menggunakan metode belajar mandiri. Belajar mandiri bertujuan untuk melatih keterampilan, kemauan dari diri sendiri dan tanggung jawab sehingga mampu menuntaskan mata kuliah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode belajar mandiri dengan hasil belajar mata kuliah ASKEB I pada mahasiswa semester III di Akademi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bengkulu Tahun 2014. Penelitian yang dilakukan menggunakan desain penelitian survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III di Akademi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bengkulu sebanyak 39 orang dan sampel menggunakan total population. Hasil penelitian bahwa dalam menerapkan metode belajar mandiri mayoritas baik sebanyak 31 mahasiswa (79,5%) dan minoritas kurang sebanyak 2 mahasiswa (5,1%). Hasil belajar ASKEB I (ANC) mayoritas sangat baik sebanyak 24 mahasiswa (61,5) dan minoritas kurang sebanyak 1 mahasiswa (2,6%). Hasil uji Chi-Square diperoleh p = 0,000 < 0,05 artinya dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara metode belajar mandiri dengan hasil belajar mata kuliah ASKEB I (ANC) pada mahasiswa semester III di Akademi Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bengkulu tahun 2014.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Elvi Era Liesmayani, S.Si.T, M.Keb dan Vivi Eulis Diana, SSi, MEM, Apt, Editor: LPPM STIKes Helvetia