Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN ASPEK PSIKOMOTOR MAHASISWA TENTANG PEMASANGAN IUD DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH PELAYANAN KELUARGA BERENCANA DI AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2013

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : CHRISTIFANI VILASIA GIRSANG
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Apek Psikomotor tentang Pemasangan IUD, Hasil Belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id

Aspek Psikomotor adalah aspek yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aspek psikomotor mahasiswi tentang pemasangan IUD dengan nilai hasil belajar mata kuliah askeb pelayanan keluarga berencana di Akademi Kebidanan Sehat Medan tahun 2013.


Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif analitik menggunakan studi korelasi. Populasi dalam penelitian sebanyak 226 responden. Sampel penelitian sebanyak 68 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hubungan antar variabel dianalisis dengan menggunakan uji korelasi chi-square.


Hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi-square diperoleh x^2 hitung sebesar 64,159. Berdasarkan tabel chi-square dengan df=6 dan taraf signifikan 5% diperoleh x^2 tabel sebesar 12,592. Oleh karena x^2 hitung lebih besar dari x^2 tabel (64,159 > 12,592) atau nilai probabilitas (p) = 0.000 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aspek psikomotor mahasiswa tentang pemasangan IUD dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pelayanan keluarga berencana.


Disimpulkan bahwa semakin baik aspek psikomotor mahasiswa tentang tentang pemasangan IUD maka semakin baik pula nilai hasil belajar pelayanan keluarga berencana mahasiswa dan disarankan kepada mahasiswa untuk dapat lebih termotivasi meningkatkan pengetahuan dalam belajar, khususnya dalam memperoleh informasi kesehatan terbaru yang lebih up to date.

Deskripsi Alternatif :

Aspek Psikomotor adalah aspek yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aspek psikomotor mahasiswi tentang pemasangan IUD dengan nilai hasil belajar mata kuliah askeb pelayanan keluarga berencana di Akademi Kebidanan Sehat Medan tahun 2013.


Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif analitik menggunakan studi korelasi. Populasi dalam penelitian sebanyak 226 responden. Sampel penelitian sebanyak 68 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hubungan antar variabel dianalisis dengan menggunakan uji korelasi chi-square.


Hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi-square diperoleh x^2 hitung sebesar 64,159. Berdasarkan tabel chi-square dengan df=6 dan taraf signifikan 5% diperoleh x^2 tabel sebesar 12,592. Oleh karena x^2 hitung lebih besar dari x^2 tabel (64,159 > 12,592) atau nilai probabilitas (p) = 0.000 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aspek psikomotor mahasiswa tentang pemasangan IUD dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pelayanan keluarga berencana.


Disimpulkan bahwa semakin baik aspek psikomotor mahasiswa tentang tentang pemasangan IUD maka semakin baik pula nilai hasil belajar pelayanan keluarga berencana mahasiswa dan disarankan kepada mahasiswa untuk dapat lebih termotivasi meningkatkan pengetahuan dalam belajar, khususnya dalam memperoleh informasi kesehatan terbaru yang lebih up to date.

Beri Komentar ?#(1) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Nurhayati M.Pd


    Roslina Julianty,SST,M.Kes, Editor: LPPM STIKes Helvetia