Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN ASPEK PSIKOMOTOR MAHASISWA TENTANG PEMASANGAN IUD DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH PELAYANAN KELUARGA BERENCANA DI AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2013
Oleh : CHRISTIFANI VILASIA GIRSANG
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Apek Psikomotor tentang Pemasangan IUD, Hasil Belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id
Aspek Psikomotor adalah aspek yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aspek psikomotor mahasiswi tentang pemasangan IUD dengan nilai hasil belajar mata kuliah askeb pelayanan keluarga berencana di Akademi Kebidanan Sehat Medan tahun 2013.
Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif analitik menggunakan studi korelasi. Populasi dalam penelitian sebanyak 226 responden. Sampel penelitian sebanyak 68 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hubungan antar variabel dianalisis dengan menggunakan uji korelasi chi-square.
Hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi-square diperoleh x^2 hitung sebesar 64,159. Berdasarkan tabel chi-square dengan df=6 dan taraf signifikan 5% diperoleh x^2 tabel sebesar 12,592. Oleh karena x^2 hitung lebih besar dari x^2 tabel (64,159 > 12,592) atau nilai probabilitas (p) = 0.000 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aspek psikomotor mahasiswa tentang pemasangan IUD dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pelayanan keluarga berencana.
Disimpulkan bahwa semakin baik aspek psikomotor mahasiswa tentang tentang pemasangan IUD maka semakin baik pula nilai hasil belajar pelayanan keluarga berencana mahasiswa dan disarankan kepada mahasiswa untuk dapat lebih termotivasi meningkatkan pengetahuan dalam belajar, khususnya dalam memperoleh informasi kesehatan terbaru yang lebih up to date.
Aspek Psikomotor adalah aspek yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aspek psikomotor mahasiswi tentang pemasangan IUD dengan nilai hasil belajar mata kuliah askeb pelayanan keluarga berencana di Akademi Kebidanan Sehat Medan tahun 2013.
Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif analitik menggunakan studi korelasi. Populasi dalam penelitian sebanyak 226 responden. Sampel penelitian sebanyak 68 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hubungan antar variabel dianalisis dengan menggunakan uji korelasi chi-square.
Hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi-square diperoleh x^2 hitung sebesar 64,159. Berdasarkan tabel chi-square dengan df=6 dan taraf signifikan 5% diperoleh x^2 tabel sebesar 12,592. Oleh karena x^2 hitung lebih besar dari x^2 tabel (64,159 > 12,592) atau nilai probabilitas (p) = 0.000 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aspek psikomotor mahasiswa tentang pemasangan IUD dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pelayanan keluarga berencana.
Disimpulkan bahwa semakin baik aspek psikomotor mahasiswa tentang tentang pemasangan IUD maka semakin baik pula nilai hasil belajar pelayanan keluarga berencana mahasiswa dan disarankan kepada mahasiswa untuk dapat lebih termotivasi meningkatkan pengetahuan dalam belajar, khususnya dalam memperoleh informasi kesehatan terbaru yang lebih up to date.
Beri Komentar ?#(1) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Nurhayati M.Pd
Roslina Julianty,SST,M.Kes, Editor: LPPM STIKes Helvetia