Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN PERAN DOSEN SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK DENGAN HASIL BELAJAR ASUHAN KEHAMILAN MAHASISWA DI AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2012
Oleh : CICI SRI KENCANA
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Peran Dosen Sebagai Motivator, Hasil Belajar Kehamilan
Url : http://www.helvetia.ac.id
Hasil belajar asuhan kebidanan I selama 2 tahun kumulatif mayoritas mahasiswa mendapatkan nilai B (43%), nilai C (33%). Ini menunjukan penguasaan mata kuliah perlu ditingkatkan karena target pencapaian nilai asuhan kebidanan I mahasiswa harus mendapatkan nilai A. Salah satu factor diduga berhubungan dengan hasil belajar mahasiswa adalah peran dosen sebagai motivator dalam pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah deskriptik analitik menggunakan desain cross seccional. Populasi dalam penelitian sebanyak 228 orang. Sampel diambil sebanyak 69 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner sebagai data primer dan hasil belajar sebagai data sekunder. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran dosen sebagai motivator dalam pembelajaran praktik mayoritas dalam kategori baik (36,2%), mayoritas kategori kurang (14,5%). Terdapat hubungan yang signifikasikan antara peran dosen sebagai motivator dalam pembelajaran dengan hasil belajar asuhan kebidanan I. Uji chi-square diperoleh bahwa r hitung (0,235) > (39.034) atau P=0,000<0,05. Secara kualitatif dapat dinyatakan bahwa ada hubungan antara peran dosen sebagai motivator dengan hasil belajar asuhan kehamilan mahasiswa di akademi kebidanan sehat medan tahun 2012.
Kesimpulan penelitian ini bahwa peran dosen sebagai motivator dalam pembelajaran praktik berhubungan dengan hasil belajar asuhan kebidanan I. Dosen hendakanya selalu memberikan motivasi-motivasi yang positif pada mahasiswa tentang pentingnya belajar dan pendidikan kebidanan untuk terjun ke masyarakat nantinya.
Hasil belajar asuhan kebidanan I selama 2 tahun kumulatif mayoritas mahasiswa mendapatkan nilai B (43%), nilai C (33%). Ini menunjukan penguasaan mata kuliah perlu ditingkatkan karena target pencapaian nilai asuhan kebidanan I mahasiswa harus mendapatkan nilai A. Salah satu factor diduga berhubungan dengan hasil belajar mahasiswa adalah peran dosen sebagai motivator dalam pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah deskriptik analitik menggunakan desain cross seccional. Populasi dalam penelitian sebanyak 228 orang. Sampel diambil sebanyak 69 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner sebagai data primer dan hasil belajar sebagai data sekunder. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran dosen sebagai motivator dalam pembelajaran praktik mayoritas dalam kategori baik (36,2%), mayoritas kategori kurang (14,5%). Terdapat hubungan yang signifikasikan antara peran dosen sebagai motivator dalam pembelajaran dengan hasil belajar asuhan kebidanan I. Uji chi-square diperoleh bahwa r hitung (0,235) > (39.034) atau P=0,000<0,05. Secara kualitatif dapat dinyatakan bahwa ada hubungan antara peran dosen sebagai motivator dengan hasil belajar asuhan kehamilan mahasiswa di akademi kebidanan sehat medan tahun 2012.
Kesimpulan penelitian ini bahwa peran dosen sebagai motivator dalam pembelajaran praktik berhubungan dengan hasil belajar asuhan kebidanan I. Dosen hendakanya selalu memberikan motivasi-motivasi yang positif pada mahasiswa tentang pentingnya belajar dan pendidikan kebidanan untuk terjun ke masyarakat nantinya.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Willhelmina Wahara, SST, M.Keb
Christin Jayanti, SST, M.Kes, Editor: LPPM STIKes Helvetia