Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN LABORATORIUM ANTENTAL CARE DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTEK ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN PADA MAHASISWA SEMESTER III AKADEMI KEBIDANAN SARI MUTIARA MEDAN TAHUN 2013

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : CLAUDIA M. NAPITUPULU
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Metode Pembelajaran Laboratorium ante natal care, Hasil Belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id

Metodologi pembelajaran adalah prosedur yang disengaja dirancang untuk membantu mahasiswa belajar dengan baik dan dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.


Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasi, untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran laboratorium ante natal care dengan hasil belajar praktek asuhan kebidanan kehamilan pada mahasiswa di akademi kebidanan sari mutiara medan tahun 2013, waktu penelitian dimulai dari bulan Juni sampai Agustus 2013, sampel penelitian ini seluruh populasi dijadikan menjadi sampel. Besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus teknik total sampling, data ini di analisis dengan uji chi square.


Hasil pengujian hipotesis menunjukkan, terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran laboratorium dengan hasil belajar praktek yang tercermin dalam nilai korelasi 〖r-xy〗_hitung . interpretasi angka ini adalah korelasi sangat kuat karena berada direntang 0,800 – 1,00. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.


Disimpulkan bahwa semakin baik mahasiswa mengetahui metode pembelajaran Laboratorium maka semakin baik pula nilai hasil belajar Asuhan Kebidanan Kehamilan mahasiswa dan disarankan kepada mahasiswa untuk dapat lebih termotivasi meningkatkan pengetahuan dalam belajar, khususnya dalam memperoleh informasi kesehatan terbaru yang lebih.

Deskripsi Alternatif :

Metodologi pembelajaran adalah prosedur yang disengaja dirancang untuk membantu mahasiswa belajar dengan baik dan dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.


Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasi, untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran laboratorium ante natal care dengan hasil belajar praktek asuhan kebidanan kehamilan pada mahasiswa di akademi kebidanan sari mutiara medan tahun 2013, waktu penelitian dimulai dari bulan Juni sampai Agustus 2013, sampel penelitian ini seluruh populasi dijadikan menjadi sampel. Besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus teknik total sampling, data ini di analisis dengan uji chi square.


Hasil pengujian hipotesis menunjukkan, terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran laboratorium dengan hasil belajar praktek yang tercermin dalam nilai korelasi 〖r-xy〗_hitung . interpretasi angka ini adalah korelasi sangat kuat karena berada direntang 0,800 – 1,00. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.


Disimpulkan bahwa semakin baik mahasiswa mengetahui metode pembelajaran Laboratorium maka semakin baik pula nilai hasil belajar Asuhan Kebidanan Kehamilan mahasiswa dan disarankan kepada mahasiswa untuk dapat lebih termotivasi meningkatkan pengetahuan dalam belajar, khususnya dalam memperoleh informasi kesehatan terbaru yang lebih.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Miskah Afriani, M.Psi


    Willhelmina Wahara, SST, M.Keb, Editor: LPPM STIKes Helvetia