Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN LABORATORIUM ANTENTAL CARE DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTEK ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN PADA MAHASISWA SEMESTER III AKADEMI KEBIDANAN SARI MUTIARA MEDAN TAHUN 2013
Oleh : CLAUDIA M. NAPITUPULU
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Metode Pembelajaran Laboratorium ante natal care, Hasil Belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id
Metodologi pembelajaran adalah prosedur yang disengaja dirancang untuk membantu mahasiswa belajar dengan baik dan dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.
Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasi, untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran laboratorium ante natal care dengan hasil belajar praktek asuhan kebidanan kehamilan pada mahasiswa di akademi kebidanan sari mutiara medan tahun 2013, waktu penelitian dimulai dari bulan Juni sampai Agustus 2013, sampel penelitian ini seluruh populasi dijadikan menjadi sampel. Besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus teknik total sampling, data ini di analisis dengan uji chi square.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan, terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran laboratorium dengan hasil belajar praktek yang tercermin dalam nilai korelasi ãr-xyã_hitung . interpretasi angka ini adalah korelasi sangat kuat karena berada direntang 0,800 â 1,00. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.
Disimpulkan bahwa semakin baik mahasiswa mengetahui metode pembelajaran Laboratorium maka semakin baik pula nilai hasil belajar Asuhan Kebidanan Kehamilan mahasiswa dan disarankan kepada mahasiswa untuk dapat lebih termotivasi meningkatkan pengetahuan dalam belajar, khususnya dalam memperoleh informasi kesehatan terbaru yang lebih.
Metodologi pembelajaran adalah prosedur yang disengaja dirancang untuk membantu mahasiswa belajar dengan baik dan dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.
Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasi, untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran laboratorium ante natal care dengan hasil belajar praktek asuhan kebidanan kehamilan pada mahasiswa di akademi kebidanan sari mutiara medan tahun 2013, waktu penelitian dimulai dari bulan Juni sampai Agustus 2013, sampel penelitian ini seluruh populasi dijadikan menjadi sampel. Besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus teknik total sampling, data ini di analisis dengan uji chi square.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan, terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran laboratorium dengan hasil belajar praktek yang tercermin dalam nilai korelasi ãr-xyã_hitung . interpretasi angka ini adalah korelasi sangat kuat karena berada direntang 0,800 â 1,00. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.
Disimpulkan bahwa semakin baik mahasiswa mengetahui metode pembelajaran Laboratorium maka semakin baik pula nilai hasil belajar Asuhan Kebidanan Kehamilan mahasiswa dan disarankan kepada mahasiswa untuk dapat lebih termotivasi meningkatkan pengetahuan dalam belajar, khususnya dalam memperoleh informasi kesehatan terbaru yang lebih.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Miskah Afriani, M.Psi
Willhelmina Wahara, SST, M.Keb, Editor: LPPM STIKes Helvetia