Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
PENGARUH PENGGUNAAN METODE CERAMAH PLUS DALAM MATA KULIAH (KB) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWI TINGKAT II SEMESTER IV DI AKBID IMELDA MEDAN TAHUN 2012
Oleh : DEBI NOVITA SIREGAR
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Ceramah Plus, Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah (KB)
Url : http://www.helvetia.ac.id
Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif, yaitu mewarnai interaksi yang terjadi antara dosen dengan mahasiswi di karnakan kegiatan belajar mengajar yang dilkukan, diarahkan untuk mencapai tujuan dengan menerapkan berbagai metode mengajar dan yang menjadi ruang lingkup permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode ceramah plus dengan prestasi belajar mahasiswi tingkat II semester IV tentang Keluarga Berencana (KB) di AKBID IMELDA MEDAN tahun 2012.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, yaitu untuk menganalisa pengaruh metode ceramah plus terhadapa prestasi belajar mahasiswi tingkat II semester IV dalam mata kuliah (KB) di AKBID IMELDA MEDAN tahun 2012 dengan populasi adalah seluruh mahasiswi Tingkat II semester IV AKBID IMELDA MEDAN tahun 2012 sebanyak 260 orang dan besar sempel berjumlah 72 orang.
Hasil penelitian ini adalah, bahwa metode ceramah plus berpengaruh sangat kuat terhadap prestasi belajar mahasiswi, dari 72 orang mahasiswi yang mengatakan sangat setuju dengan metode ceramah plus terdapat sebanyak 30 (41,66 %) mendapat nilai sangat baik (A), dan sebanyak 24 orang (33,33 %) mendapatkan nilai Baik (B), mahasiswi yang mengatakan tidak setuju dengan metode ceramah plus sebanyak 7 orang (9,72 %) memdapat nilai baik (B), sebanyak 7 orang (9,72 %) mendapat nilai cukup (C), dan sebanyak 4 orang (5,55 %) mendapat nilai kurang (D) dan tidak ada juga mahasiswi yang mendapatkan nilai gagal (E) dalam mata kuliah (KB).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswi yang mengatakan sangat setuju dengan metode ceramah plus mayoritas mendapatkan prestasi belajar sangat baik (A) di AKBID IMELDA MEDAN tahun2012. Sebagai saran dalam penelitian ini adalah diharapkan dosen lebih meningkatkan metode pembelajaran yang digunakan pada saat menyampaikan pembelajaran terutama metode ceramah plus, bagi mahasiswi diharapkan lebih meningkatkan motivasi belajar dan memperhatikan pelajaran pada saat mengikuti proses belajar agar nantinya dalam mengabdi dapat menerapkan ilmu yang didapat selama mengikuti pendidikan.
Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif, yaitu mewarnai interaksi yang terjadi antara dosen dengan mahasiswi di karnakan kegiatan belajar mengajar yang dilkukan, diarahkan untuk mencapai tujuan dengan menerapkan berbagai metode mengajar dan yang menjadi ruang lingkup permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode ceramah plus dengan prestasi belajar mahasiswi tingkat II semester IV tentang Keluarga Berencana (KB) di AKBID IMELDA MEDAN tahun 2012.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, yaitu untuk menganalisa pengaruh metode ceramah plus terhadapa prestasi belajar mahasiswi tingkat II semester IV dalam mata kuliah (KB) di AKBID IMELDA MEDAN tahun 2012 dengan populasi adalah seluruh mahasiswi Tingkat II semester IV AKBID IMELDA MEDAN tahun 2012 sebanyak 260 orang dan besar sempel berjumlah 72 orang.
Hasil penelitian ini adalah, bahwa metode ceramah plus berpengaruh sangat kuat terhadap prestasi belajar mahasiswi, dari 72 orang mahasiswi yang mengatakan sangat setuju dengan metode ceramah plus terdapat sebanyak 30 (41,66 %) mendapat nilai sangat baik (A), dan sebanyak 24 orang (33,33 %) mendapatkan nilai Baik (B), mahasiswi yang mengatakan tidak setuju dengan metode ceramah plus sebanyak 7 orang (9,72 %) memdapat nilai baik (B), sebanyak 7 orang (9,72 %) mendapat nilai cukup (C), dan sebanyak 4 orang (5,55 %) mendapat nilai kurang (D) dan tidak ada juga mahasiswi yang mendapatkan nilai gagal (E) dalam mata kuliah (KB).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswi yang mengatakan sangat setuju dengan metode ceramah plus mayoritas mendapatkan prestasi belajar sangat baik (A) di AKBID IMELDA MEDAN tahun2012. Sebagai saran dalam penelitian ini adalah diharapkan dosen lebih meningkatkan metode pembelajaran yang digunakan pada saat menyampaikan pembelajaran terutama metode ceramah plus, bagi mahasiswi diharapkan lebih meningkatkan motivasi belajar dan memperhatikan pelajaran pada saat mengikuti proses belajar agar nantinya dalam mengabdi dapat menerapkan ilmu yang didapat selama mengikuti pendidikan.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Salim Aktar, S.Pd., M.Pd
Iman Muhammad, SE, S.Kom., MM, M.Kes, Editor: LPPM STIKes Helvetia