Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENGGUNAAN MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PELAYANAN KELUARGA BERENCANA SEMESTER III DI AKADEMI KEBIDANAN BAKTI INANG PERSADA MEDAN TAHUN 2012

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : DESI HANDIKA
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Persepsi Mahasiswa, Pembelajaran Multimedia Pembelajaran, Hasil Belajar Keluarga Berencana.
Url : http://www.helvetia.ac.id

Teknologi sedemikian rupa diaplikasikan untuk dunia pendidikan. Teknologi mampu memberi dampak besar dalam komunikasi dan pendidikan dengan penggunaan multimedia pada pembelajaran karena bisa mengintegrasikan proses belajar kearah yang lebih dinamis dan melalui persepsi manusia terus-menerus mengadakan hubungan dengan lingkungannya yaitu dengan alat inderanya.


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang penggunaan multimedia pada pembelajaran terhadap hasil belajar pelayanan keluarga berencana di Akbid Bakti Inang Persada Medan Tahun 2012. Desain penelitian ini bersifat studi kolerasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa tentang penggunaan multimedia pada pembelajaran terhadap hasil belajar pelayanan keluarga berencana. Dimana populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa Akbid Bakti Inang Persada Tahun 2012 sebanyak 70 orang.


Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang penggunaan multimedia pada pembelajaran mayoritas dalam kategori cukup yaitu 59 orang (84.3%). Hasil belajar pelayanan keluarga berencana mayoritas sangat baik 36 orang (51.4%). Dari tabulasi silang antara persepsi mahasiswa tentang penggunaan multimedai pada pembelajaran terhadap hasil belajar pelayanan keluarga berencana. Responden yang memiliki persepsi cukup dengan nilai yang sangat baik 27 orang (38.6%) dan yang memiliki persepsi baik dengan nilai baik 2 orang (2.9%).


Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan multimedia pada pembelajaran terhadap hasil belajar pelayanan keluarga berencana. Oleh karena itu seorang pendidik harus memperhatikan materi pembelajaran yang akan diberikan agar lebih cepat dipahami oleh peserta didik sehingga mempunyai persepsi yang baik.

Deskripsi Alternatif :

Teknologi sedemikian rupa diaplikasikan untuk dunia pendidikan. Teknologi mampu memberi dampak besar dalam komunikasi dan pendidikan dengan penggunaan multimedia pada pembelajaran karena bisa mengintegrasikan proses belajar kearah yang lebih dinamis dan melalui persepsi manusia terus-menerus mengadakan hubungan dengan lingkungannya yaitu dengan alat inderanya.


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang penggunaan multimedia pada pembelajaran terhadap hasil belajar pelayanan keluarga berencana di Akbid Bakti Inang Persada Medan Tahun 2012. Desain penelitian ini bersifat studi kolerasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa tentang penggunaan multimedia pada pembelajaran terhadap hasil belajar pelayanan keluarga berencana. Dimana populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa Akbid Bakti Inang Persada Tahun 2012 sebanyak 70 orang.


Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang penggunaan multimedia pada pembelajaran mayoritas dalam kategori cukup yaitu 59 orang (84.3%). Hasil belajar pelayanan keluarga berencana mayoritas sangat baik 36 orang (51.4%). Dari tabulasi silang antara persepsi mahasiswa tentang penggunaan multimedai pada pembelajaran terhadap hasil belajar pelayanan keluarga berencana. Responden yang memiliki persepsi cukup dengan nilai yang sangat baik 27 orang (38.6%) dan yang memiliki persepsi baik dengan nilai baik 2 orang (2.9%).


Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan multimedia pada pembelajaran terhadap hasil belajar pelayanan keluarga berencana. Oleh karena itu seorang pendidik harus memperhatikan materi pembelajaran yang akan diberikan agar lebih cepat dipahami oleh peserta didik sehingga mempunyai persepsi yang baik.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Iman Muhammad SE,S.Kom,MM,M.Kes


    Dra. Hj.Maswita Nasir,SE,M.Si, Editor: LPPM STIKes Helvetia