Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWI TINGKAT I PADA MATA KULIAH ASKEB I AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2012

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : ETY AZNOVA
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Metode Tanya Jawab, Keaktifan Belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id

Dalam proses belajar mengajar, pendidik memiliki peran utama dalam menentukan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya. Mengajar secara efektif sangat bergantung pada pemilihan dan penggunaan metode mengajar yang serasi dengan tujuan mengajar. Metode tanya jawab merupakan suatu cara penyajian bahan pelajaran melalui berbagai bentuk pertanyaan yang dijawab oleh mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode tanya jawab terhadap keaktifan belajar mahasiswi pada mata kuliah ASKEB I.


Penelitian ini bersifat studi korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional,yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara metode tanya jawab terhadap keaktifan belajar mahasiswi pada mata kuliah ASKEB I. Sampelnya adalah mahasiswi tingkat I Akademi Kebidanan Sehat Medan tahun 2012 dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 70 orang yang diperoleh dari penyebaran angket dan diuji dengan uji regresi linier.


Hasil analisis univariat membuktikan bahwa mayoritas responden memiliki pemahaman metode tanya jawab dengan keaktifan belajar yang cukup yaitu 43 orang (61,43 %). Dari hasil tabulasi silang, responden yang memiliki pemahaman metode tanya jawab baik dengan keaktifan belajar baik sebanyak 27 orang (38,7 %), yang memiliki pemahaman metode tanya jawab baik dengan keaktifan belajar cukup dan kurang tidak ada. Yang memiliki pemahaman metode tanya jawab cukup dengan keaktifan belajar cukup sebanyak 43 orang (61,43 %), yang memiliki pemahaman metode tanya jawab cukup dengan keaktifan belajar baik dan kurang tidak ada. Dan untuk pemahaman metode tanya jawab yang kurang dengan keaktifan belajar baik, cukup, dan kurang hasil yang diperoleh adalah tidak ada.


Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada calon dosen khususnya D-IV Bidan Pendidik dalam memilih metode pembelajaran yang tepat yang dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa dan bagi dosen dapat lebih memahami tentang kelebihan dan kekurangan dari setiap metode pembelajaran yang digunakan.

Deskripsi Alternatif :

Dalam proses belajar mengajar, pendidik memiliki peran utama dalam menentukan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya. Mengajar secara efektif sangat bergantung pada pemilihan dan penggunaan metode mengajar yang serasi dengan tujuan mengajar. Metode tanya jawab merupakan suatu cara penyajian bahan pelajaran melalui berbagai bentuk pertanyaan yang dijawab oleh mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode tanya jawab terhadap keaktifan belajar mahasiswi pada mata kuliah ASKEB I.


Penelitian ini bersifat studi korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional,yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara metode tanya jawab terhadap keaktifan belajar mahasiswi pada mata kuliah ASKEB I. Sampelnya adalah mahasiswi tingkat I Akademi Kebidanan Sehat Medan tahun 2012 dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 70 orang yang diperoleh dari penyebaran angket dan diuji dengan uji regresi linier.


Hasil analisis univariat membuktikan bahwa mayoritas responden memiliki pemahaman metode tanya jawab dengan keaktifan belajar yang cukup yaitu 43 orang (61,43 %). Dari hasil tabulasi silang, responden yang memiliki pemahaman metode tanya jawab baik dengan keaktifan belajar baik sebanyak 27 orang (38,7 %), yang memiliki pemahaman metode tanya jawab baik dengan keaktifan belajar cukup dan kurang tidak ada. Yang memiliki pemahaman metode tanya jawab cukup dengan keaktifan belajar cukup sebanyak 43 orang (61,43 %), yang memiliki pemahaman metode tanya jawab cukup dengan keaktifan belajar baik dan kurang tidak ada. Dan untuk pemahaman metode tanya jawab yang kurang dengan keaktifan belajar baik, cukup, dan kurang hasil yang diperoleh adalah tidak ada.


Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada calon dosen khususnya D-IV Bidan Pendidik dalam memilih metode pembelajaran yang tepat yang dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa dan bagi dosen dapat lebih memahami tentang kelebihan dan kekurangan dari setiap metode pembelajaran yang digunakan.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Dra. Maswita Nasir, M.Si


    Salim Aktar, M.Pd, Editor: LPPM STIKes Helvetia