Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA SEMESTER IV DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH ASKEB II DI AKBID HELVETIA MEDAN TAHUN 2012
Oleh : Hasrita Lubis
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Motivasi, Minat Belajar, Hasil Belajar
Url : http://helvetia.ac.id/library
Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang. Dalam proses belajar mengajar tenaga pendidik harus mampu menjalankan tugas dan peranannya, selain itu diperlukan adanya motivasi dan minat belajar mahasiswa. Keberhasilan seorang mahasiswa dalam belajar dapat dilihat dari prestasi belajar mahasiswa dan yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah âBagaimana hubungan motivasi dan minat belajar mahasiswa semester IV dengan hasil belajar pada mata kuliah Askeb II di Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2012â
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik untuk menggambarkan hubungan motivasi dan minat belajar mahasiswa semester IV dengan hasil belajar pada mata kuliah Askeb II di Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2012 dengan populasi adalah seluruh mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Helvetia Medan Tahun 2012 sebanyak 294 orang dan sampel berjumlah 59 orang menggunakan alat ukur kuesioner dan dilakukan uji statistic regresi linier multiple, uji Anova dan t student test.
Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan motivasi dan minat belajar mahasiswa semester IV dengan hasil belajar pada mata kuliah Askeb II di Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2012, motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb II masih terdapat motivasi rendah sebanyak 5 orang (8,5%) dan motivasi sedang sebanyak 16 orang (27,1%) dan minat belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb II masih terdapat minat rendah sebanyak 6 orang (10,2%) dan minat sedang sebanyak 23 orang (39,0%).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan motivasi dan minat belajar mahasiswa semester IV dengan hasil belajar pada mata kuliah Askeb II di Akademi Kebidanan Helvetia Medan Tahun 2012 yaitu diperoleh F hitung = 29.774 > F tabel = 4.95 dengan α = 0.05. Sebagai saran dalam penelitian ini adalah diharapkan dosen dapat menciptakan proses belajar mengajar yang bisa meningkatkan prestasi mahasiswa dengan memotivasi dan mempergunakan media pembelajaran yang tepat dan efektif dalam penyampaian materinya agar dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang. Dalam proses belajar mengajar tenaga pendidik harus mampu menjalankan tugas dan peranannya, selain itu diperlukan adanya motivasi dan minat belajar mahasiswa. Keberhasilan seorang mahasiswa dalam belajar dapat dilihat dari prestasi belajar mahasiswa dan yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah âBagaimana hubungan motivasi dan minat belajar mahasiswa semester IV dengan hasil belajar pada mata kuliah Askeb II di Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2012â
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik untuk menggambarkan hubungan motivasi dan minat belajar mahasiswa semester IV dengan hasil belajar pada mata kuliah Askeb II di Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2012 dengan populasi adalah seluruh mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Helvetia Medan Tahun 2012 sebanyak 294 orang dan sampel berjumlah 59 orang menggunakan alat ukur kuesioner dan dilakukan uji statistic regresi linier multiple, uji Anova dan t student test.
Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan motivasi dan minat belajar mahasiswa semester IV dengan hasil belajar pada mata kuliah Askeb II di Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2012, motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb II masih terdapat motivasi rendah sebanyak 5 orang (8,5%) dan motivasi sedang sebanyak 16 orang (27,1%) dan minat belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb II masih terdapat minat rendah sebanyak 6 orang (10,2%) dan minat sedang sebanyak 23 orang (39,0%).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan motivasi dan minat belajar mahasiswa semester IV dengan hasil belajar pada mata kuliah Askeb II di Akademi Kebidanan Helvetia Medan Tahun 2012 yaitu diperoleh F hitung = 29.774 > F tabel = 4.95 dengan α = 0.05. Sebagai saran dalam penelitian ini adalah diharapkan dosen dapat menciptakan proses belajar mengajar yang bisa meningkatkan prestasi mahasiswa dengan memotivasi dan mempergunakan media pembelajaran yang tepat dan efektif dalam penyampaian materinya agar dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- , Editor: Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan