Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
Hubungan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Keterampilan Dosen Mengajar Dengan Hasil Evaluasi Belajar di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2011
Oleh : H. Warno Saskoro (info@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Kepuasan Mahasiswa, Keterampilan Dosen Mengajar, Hasil evaluasi belajar
Berdasarkan data dari Akademi Kebidanan Sehat bahwa hasil evaluasi belajar selama tiga tahun terakhir mayoritas mahasiswa mendapatkan nilai C. Seharusnya mayoritas mahasiswa mendapatkan nilai B dan A sehingga dapat menerapkan dengan baik ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke lapangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepuasan mahasiswa terhadap keterampilan dosen mengajar dengan hasil evaluasi belajar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik. Populasi penelitian yaitu 280 orang, dan diperoleh sampel sebanyak 160 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden untuk angket dan data sekunder yaitu hasil evaluasi belajar yang diperoleh dari bagian evaluasi pendidikan Akademi Kebidanan Sehat Medan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda.
Terdapat hubungan yang signifikan kepuasan mahasiswa terhadap keterampilan dosen mengajar yang terdiri dari kepuasan mahasiswa terhadap keterampilan dosen bertanya (t=4,345), keterampilan memberi penguatan (t=4,904), keterampilan menjelaskan (t=7,860), keterampilan mengelola kelas (t=3,740), keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan (t=3,705) dengan evaluasi belajar dalam kategori sangat kuat, dan sumbangan kepuasan mahasiswa terhadap hasil evaluasi belajar sebesar 67,4%.
Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan kepuasan mahasiswa terhadap keterampilan dosen mengajar dengan hasil evaluasi belajar. Diharapkan dosen menerapkan keterampilan dasar mengajar sehingga mahasiswa merasa puas terhadap apa yang disampaikan dan diajarkan, dan pada akhirnya hasil evaluasi belajar mahasiswa akan meningkat.
Berdasarkan data dari Akademi Kebidanan Sehat bahwa hasil evaluasi belajar selama tiga tahun terakhir mayoritas mahasiswa mendapatkan nilai C. Seharusnya mayoritas mahasiswa mendapatkan nilai B dan A sehingga dapat menerapkan dengan baik ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke lapangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepuasan mahasiswa terhadap keterampilan dosen mengajar dengan hasil evaluasi belajar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik. Populasi penelitian yaitu 280 orang, dan diperoleh sampel sebanyak 160 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden untuk angket dan data sekunder yaitu hasil evaluasi belajar yang diperoleh dari bagian evaluasi pendidikan Akademi Kebidanan Sehat Medan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda.
Terdapat hubungan yang signifikan kepuasan mahasiswa terhadap keterampilan dosen mengajar yang terdiri dari kepuasan mahasiswa terhadap keterampilan dosen bertanya (t=4,345), keterampilan memberi penguatan (t=4,904), keterampilan menjelaskan (t=7,860), keterampilan mengelola kelas (t=3,740), keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan (t=3,705) dengan evaluasi belajar dalam kategori sangat kuat, dan sumbangan kepuasan mahasiswa terhadap hasil evaluasi belajar sebesar 67,4%.
Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan kepuasan mahasiswa terhadap keterampilan dosen mengajar dengan hasil evaluasi belajar. Diharapkan dosen menerapkan keterampilan dasar mengajar sehingga mahasiswa merasa puas terhadap apa yang disampaikan dan diajarkan, dan pada akhirnya hasil evaluasi belajar mahasiswa akan meningkat.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- , Editor: Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan