Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH ASKEB I (KEHAMILAN) PADA MAHASISWA TINGKAT II DI AKBID MITRA SYUHADA KOTA PADANGSIDIMPUAN TAHUN 2013
Oleh : Ika Maretha Wati Saputri (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Minat Belajar, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Hasil Belajar
Url : http://helvetia.ac.id/library
Dalam proses belajar mengajar, Motivasi atau minat belajar merupakan hasrat untuk belajar dari diri seseorang individu. Seseorang siswa dapat belajar secara lebih efisien apabila ia berusaha untuk belajar secara maksimal. Hasil belajar diukur untuk mengetahui pencapaian tujuan pendidikan sehingga hasil harus sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat dan motivasi belajar mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bersifat studi korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional, yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar mata kuliah askeb I kehamilan. Sampelnya adalah mahasiswa tingkat II akbid mitra syuhada kota padangsidimpuan dengan menggunakan teknik total sampling sebanyak 87 orang yang diperoleh dari penyebaran angket dan diuji dengan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden yang memiliki minat pada pembelajaran askeb I kehamilan dalam kategori baik yaitu 52 orang (59,8%), kategori cukup yaitu 33 orang (37,9%), dan kategori kurang 2 orang (2,3%), sedangkan responden motivasi dalam kategori baik yaitu 36 orang (41,4%), kategori cukup yaitu 49 orang (56,3%) dan kategori kurang yaitu hanya 2 orang (2,3%), dari hasil uji Chi-Square (P. value = 0,001 < 0,05) dapat disimpulkan bahwasannya ada hubungan antara minat dan motivasi belajar mahasiswa dengan hasil belajar mata kuliah Askeb I Kehamilan.
Deskripsi Alternatif :Dalam proses belajar mengajar, Motivasi atau minat belajar merupakan hasrat untuk belajar dari diri seseorang individu. Seseorang siswa dapat belajar secara lebih efisien apabila ia berusaha untuk belajar secara maksimal. Hasil belajar diukur untuk mengetahui pencapaian tujuan pendidikan sehingga hasil harus sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat dan motivasi belajar mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bersifat studi korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional, yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar mata kuliah askeb I kehamilan. Sampelnya adalah mahasiswa tingkat II akbid mitra syuhada kota padangsidimpuan dengan menggunakan teknik total sampling sebanyak 87 orang yang diperoleh dari penyebaran angket dan diuji dengan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden yang memiliki minat pada pembelajaran askeb I kehamilan dalam kategori baik yaitu 52 orang (59,8%), kategori cukup yaitu 33 orang (37,9%), dan kategori kurang 2 orang (2,3%), sedangkan responden motivasi dalam kategori baik yaitu 36 orang (41,4%), kategori cukup yaitu 49 orang (56,3%) dan kategori kurang yaitu hanya 2 orang (2,3%), dari hasil uji Chi-Square (P. value = 0,001 < 0,05) dapat disimpulkan bahwasannya ada hubungan antara minat dan motivasi belajar mahasiswa dengan hasil belajar mata kuliah Askeb I Kehamilan.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Terang Uli S, Rismaini Sembiring, Editor: LPPM STIKes Helvetia