Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN METODE SOSIODRAMA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PROMOSI KESEHATAN DI AKADEMI KEBIDANAN PEMKAB ACEH TENGAH TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : Ika Zarisa (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Metode Sosiodrama, Prestasi Belajar, Promosi Kesehatan.
Url : http://helvetia.ac.id/library

Metode sosiodrama merupakan metode belajar yang melibatkan langsung mahasiswa untuk berperan sebagai tokoh yang sebenarnya. Prestasi belajar adalah hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar yang dinilai dengan angka dan pernyataan. Promosi kesehatan adalah suatu proses memberdayakan atau memandirikan masyarakat untuk memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatannya, melalui peningkatan kesadaran, kemauan dan kemampuan serta pengembangan lingkungan sehat. Keberhasilan seorang mahasiswi dalam belajar dapat dilihat dari prestasi belajar mahasiswi dan yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Hubungan Metode Sosiodrama dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Promosi Kesehatan di Akademi Kebidanan Pemkab Aceh Tengah Tahun 2013”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Deskriptif Korelasional dengan pendekatan Crossectional Study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 105 mahasiswi dan cara pengambilan sampel adalah dengan mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel (Total Sampling). Instrumen yang digunakan merupakan lembar kuesioner yang terdiri dari 15 pertanyaan. Penelitian ini dilakukan bulan Agustus 2013. Data dianalisis menggunakan metode analitik univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square dengan tingkat kepercayaan 95% (α=0,05). Dapat disimpulkan ada hubungan metode sosiodrama dengan prestasi belajar mata kuliah promosi kesehatan.

Deskripsi Alternatif :

Metode sosiodrama merupakan metode belajar yang melibatkan langsung mahasiswa untuk berperan sebagai tokoh yang sebenarnya. Prestasi belajar adalah hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar yang dinilai dengan angka dan pernyataan. Promosi kesehatan adalah suatu proses memberdayakan atau memandirikan masyarakat untuk memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatannya, melalui peningkatan kesadaran, kemauan dan kemampuan serta pengembangan lingkungan sehat. Keberhasilan seorang mahasiswi dalam belajar dapat dilihat dari prestasi belajar mahasiswi dan yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Hubungan Metode Sosiodrama dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Promosi Kesehatan di Akademi Kebidanan Pemkab Aceh Tengah Tahun 2013”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Deskriptif Korelasional dengan pendekatan Crossectional Study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 105 mahasiswi dan cara pengambilan sampel adalah dengan mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel (Total Sampling). Instrumen yang digunakan merupakan lembar kuesioner yang terdiri dari 15 pertanyaan. Penelitian ini dilakukan bulan Agustus 2013. Data dianalisis menggunakan metode analitik univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square dengan tingkat kepercayaan 95% (α=0,05). Dapat disimpulkan ada hubungan metode sosiodrama dengan prestasi belajar mata kuliah promosi kesehatan.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Arifah Devi Fitriani, Ismail Efendi , Editor: LPPM STIKes Helvetia