Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � Kesehatan Masyarakat
Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Cikampak Tahun 2008
Oleh : Ilham, SKM (info@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Kepuasan pasien, Pelayanan kesehatan
Url : http://www.helvetia.ac.id/library
Pelayanan Kesehatan dan pembinaan Kesehatan yang dilaksanakan Puskesmas harus mampu memuaskan masyarakat sebagai pengguna layanan. Pengukuran dan penilaian kepuasan berawal dari munculnya harapan pasien yang memanfaatkan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di Puskesmas belum sesuai dengan keinginan pasien tersebut.
Jenis penelitian ini adalah survey dengan pendekatan cross secsional ( penelitian dimana variabel bebas dan variabel terikat diambil secara bersamaan ), yang bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan diwilayah kerja Puskesmas Cikampak tahun 2008. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat ke Puskesmas Cikampak yaitu sebanyak 45 responden ( total sampling ). Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda pada α 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah pelayanan Medis dan pelayanan Administrasi yang setelah dianalisa dengan uji regresi dari kepuasan pasien dapat dinilai signifikan ( p = 0,000 ) yang jauh lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa pengaruh kepuasan pasien sangat berpengaruh terhadap pelayanan kesehatan. Variabel yang tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pasien adalah : pelayanan Keperawatan dengan nilai signifikan ( p = 0,253 ), pelayanan non medis dengan nilai signifikan ( p = 0,092 ).
Responden yang terbanyak pada distribusi responden jenis kelamin sebesar 30 orang ( 66,7% ) adalah perempuan, Pendidikan sebesar 17 orang ( 37,8% ) tamatan SLTP dan pekerjaan sebesar 18 orang ( 40 % ) pada pekerjaan lain-lain/ibu rumah tangga. Untuk meningkatkan kunjungan pasien ke Puskesmas Cikampak diharapkan melakukan evaluasi dan pengawasan kerja petugas secara konsisten pada kegiatan pelayanan kesehatan di Puskesmas serta perlu adanya peningkatan kinerja dan peningkatan pelayanan kesehatan di Puskesmas Cikampak terutama pelayanan Medis, pelayanan Administrasi, pelayanan Keperawatan dan pelayanan non medis.
Pelayanan Kesehatan dan pembinaan Kesehatan yang dilaksanakan Puskesmas harus mampu memuaskan masyarakat sebagai pengguna layanan. Pengukuran dan penilaian kepuasan berawal dari munculnya harapan pasien yang memanfaatkan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di Puskesmas belum sesuai dengan keinginan pasien tersebut.
Jenis penelitian ini adalah survey dengan pendekatan cross secsional ( penelitian dimana variabel bebas dan variabel terikat diambil secara bersamaan ), yang bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan diwilayah kerja Puskesmas Cikampak tahun 2008. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat ke Puskesmas Cikampak yaitu sebanyak 45 responden ( total sampling ). Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda pada α 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah pelayanan Medis dan pelayanan Administrasi yang setelah dianalisa dengan uji regresi dari kepuasan pasien dapat dinilai signifikan ( p = 0,000 ) yang jauh lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa pengaruh kepuasan pasien sangat berpengaruh terhadap pelayanan kesehatan. Variabel yang tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pasien adalah : pelayanan Keperawatan dengan nilai signifikan ( p = 0,253 ), pelayanan non medis dengan nilai signifikan ( p = 0,092 ).
Responden yang terbanyak pada distribusi responden jenis kelamin sebesar 30 orang ( 66,7% ) adalah perempuan, Pendidikan sebesar 17 orang ( 37,8% ) tamatan SLTP dan pekerjaan sebesar 18 orang ( 40 % ) pada pekerjaan lain-lain/ibu rumah tangga. Untuk meningkatkan kunjungan pasien ke Puskesmas Cikampak diharapkan melakukan evaluasi dan pengawasan kerja petugas secara konsisten pada kegiatan pelayanan kesehatan di Puskesmas serta perlu adanya peningkatan kinerja dan peningkatan pelayanan kesehatan di Puskesmas Cikampak terutama pelayanan Medis, pelayanan Administrasi, pelayanan Keperawatan dan pelayanan non medis.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Pembimbing : Bahran Nasution dan H. Agus Salim, Editor: Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan