Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWI TERHADAP KETERAMPILAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASILBELAJAR ASUHAN KEBIDANAN NEONATUS BAYI PADA AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : Indrawati (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Persepsi, Keterampilan Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar
Url : http://helvetia.ac.id/library

Mata kuliah Asuhan Kebidanan Neonatus pada tahun 2012-2013 mewakili dari keseluruhan kelas adalah kelas C yang berjumlah 58 mahasiswi yang mendapatkan nilai A (10,6%), nilai B (56,8%), nilai C (27,5%), nilai D (5,1%) dan nilai E tidak ada. Dari hasil wawancara kepada mahasiswi mengatakan bahwa mahasiswi mendapatkan nilai C. Bahkan mahasiswi yang mendapatkan nilai C setiap tahun mengalami peningkatan. Ini menunjukkan penguasaan mata kuliah Asuhan Kebidanan Neonatus Bayi belum baik, dan terjadi penurunan hasil belajar mahasiswi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian sebanyak 3 kelas yaitu 173 orang, dan sampel diambil 20% sebanyak 35 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yaitu pengambilan acak sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket sebagai data primer dan hasil belajar Asuhan Neonatus Bayi sebagai data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswi terhadap keterampilan dosen dalam pengelolaan kelas dalam kategori cukup (51,4%). Hasil belajar Askeb Neonatus Bayi mayoritas nilai B dan nilai C (40,0%). Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswi terhadap keterampilan dosen dalam pengelolaan kelas dengan hasil belajar asuhan kebidanan neonatus bayi. Uji statistik menggunakan uji Chi-Square (P value = 0.029 < 0,05).Kesimpulan penelitian ini bahwa persepsi mahasiswi terhadap keterampilan dosen dalam pengelolaan kelas berhubungan signifikan dengan hasil belajar asuhan kebidanan neonatus bayi mahasiswi.

Deskripsi Alternatif :

Mata kuliah Asuhan Kebidanan Neonatus pada tahun 2012-2013 mewakili dari keseluruhan kelas adalah kelas C yang berjumlah 58 mahasiswi yang mendapatkan nilai A (10,6%), nilai B (56,8%), nilai C (27,5%), nilai D (5,1%) dan nilai E tidak ada. Dari hasil wawancara kepada mahasiswi mengatakan bahwa mahasiswi mendapatkan nilai C. Bahkan mahasiswi yang mendapatkan nilai C setiap tahun mengalami peningkatan. Ini menunjukkan penguasaan mata kuliah Asuhan Kebidanan Neonatus Bayi belum baik, dan terjadi penurunan hasil belajar mahasiswi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian sebanyak 3 kelas yaitu 173 orang, dan sampel diambil 20% sebanyak 35 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yaitu pengambilan acak sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket sebagai data primer dan hasil belajar Asuhan Neonatus Bayi sebagai data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswi terhadap keterampilan dosen dalam pengelolaan kelas dalam kategori cukup (51,4%). Hasil belajar Askeb Neonatus Bayi mayoritas nilai B dan nilai C (40,0%). Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswi terhadap keterampilan dosen dalam pengelolaan kelas dengan hasil belajar asuhan kebidanan neonatus bayi. Uji statistik menggunakan uji Chi-Square (P value = 0.029 < 0,05).Kesimpulan penelitian ini bahwa persepsi mahasiswi terhadap keterampilan dosen dalam pengelolaan kelas berhubungan signifikan dengan hasil belajar asuhan kebidanan neonatus bayi mahasiswi.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Tetty Noverita Khairani, Razia Begum Suroyo, Editor: LPPM STIKes Helvetia