Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN METODE ROLE PLAYING DENGAN NILAI HASIL BELAJAR MAHASISWA TENTANG KOMUNIKASI KONSELING DI AKBID MITRA BAKTI TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : Irhamni
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Metode Role Play, Hasil Belajar, Komunikasi dan Konseling
Url : http://www.helvetia.ac.id

Pada pembelajaran Komunikasi dan konseling di tingkat perguruan tinggi sangat mengandalkan penggunakan metode-metode yang aplikatif dan menarik. Pembelajaran yang menarik akan memikat mahasiswa untuk terus dan betah untuk mempelajari Komunikasi dan konseling sebagai keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang tenaga kesehatan. Apabila siswa sudah tertarik dengan pembelajaran maka akan dengan mudah meningatkan prestasi siswa dalam bidang Komunikasi dan konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan metode role playing dengan nilai hasil belajar mahasiswa tentang komunikasi konseling di AKBID Mitra Husada Tahun 2013. Jenis Penelitian ini adalah studi korelasi dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil kuesioner, dan data sekunder diperoleh dari bagian evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III berjumlah 48 responden dengan menggunakan total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan metode role playing dengan nilai hasil belajar mahasiswa dengan p= 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima artinya ada hubungan metode role playing dengan nilai hasil belajar mahasiswa di AKBID Mitra Bakti Husada Tahun 2013. Kesimpulan penelitian ini bahwa metode role playing berhubungan signifikan dengan hasil belajar mahasiswa. Bagi tenaga pendidik di Akbid mitra bakti husada agar dapat lebih meningkatkan pembelajaran, khususnya dalam penggunaan metode role play pada mata kuliah Komunikasi dan Konseling.

Deskripsi Alternatif :

Pada pembelajaran Komunikasi dan konseling di tingkat perguruan tinggi sangat mengandalkan penggunakan metode-metode yang aplikatif dan menarik. Pembelajaran yang menarik akan memikat mahasiswa untuk terus dan betah untuk mempelajari Komunikasi dan konseling sebagai keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang tenaga kesehatan. Apabila siswa sudah tertarik dengan pembelajaran maka akan dengan mudah meningatkan prestasi siswa dalam bidang Komunikasi dan konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan metode role playing dengan nilai hasil belajar mahasiswa tentang komunikasi konseling di AKBID Mitra Husada Tahun 2013. Jenis Penelitian ini adalah studi korelasi dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil kuesioner, dan data sekunder diperoleh dari bagian evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III berjumlah 48 responden dengan menggunakan total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan metode role playing dengan nilai hasil belajar mahasiswa dengan p= 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima artinya ada hubungan metode role playing dengan nilai hasil belajar mahasiswa di AKBID Mitra Bakti Husada Tahun 2013. Kesimpulan penelitian ini bahwa metode role playing berhubungan signifikan dengan hasil belajar mahasiswa. Bagi tenaga pendidik di Akbid mitra bakti husada agar dapat lebih meningkatkan pembelajaran, khususnya dalam penggunaan metode role play pada mata kuliah Komunikasi dan Konseling.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Darwin Syamsul, S.Si, M.Si, Apt


    Wilhelmina Wahara, STT, M.Keb, Editor: LPPM STIKes Helvetia