Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN PENGETAHUAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH ASKEB IV PADA MAHASISWI SEMESTER IV DI AKADEMI KEBIDANAN HARAPAN MAMA TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : Juita Sihite (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar
Url : http://helvetia.ac.id/library

Model Pembelajaran berdasarkan masalah merupakan suatu pendekatan pembelajaran dimana mahasiswa mengerjakan permasalahan yang autentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan hasil belajar mata kuliah Askeb IV pada mahasiswi semester IV di akademi Kebidanan Harapan Mama Tahun 2013. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian “Eksplanotory Research” merupakan penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel penelitian dengan pengujian hipotesa, sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 65 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, Analisa data dilakukan dengan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap responden dengan kategori baik mendapatkan hasil belajar yang sangat baik berjumlah 10 orang (15,4%). Sedangkan Pengetahuan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap responden dengan kategori kurang juga mendapat hasil belajar yang sangat baik berjumlah 1 orang (1,5%). Dari hasil Uji Korelasi Bivariate Pearson di dapat nilai r xy = 0,268>0,244, p-value 0,031< 0,05. Maka ada hubungan yang signifikan antara model pembelajaran berdasarkan masalah dengan hasil belajar mahasiswa. Kesimpulan pengetahuan model pembelajaran berdasarkan masalah masih kurang optimal karena mayoritas memiliki pengetahuan model pembelajaran yang cukup sehingga hasil belajar Mata Kuliah askeb IV kurang memuaskan.

Deskripsi Alternatif :

Model Pembelajaran berdasarkan masalah merupakan suatu pendekatan pembelajaran dimana mahasiswa mengerjakan permasalahan yang autentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan hasil belajar mata kuliah Askeb IV pada mahasiswi semester IV di akademi Kebidanan Harapan Mama Tahun 2013. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian “Eksplanotory Research” merupakan penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel penelitian dengan pengujian hipotesa, sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 65 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, Analisa data dilakukan dengan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap responden dengan kategori baik mendapatkan hasil belajar yang sangat baik berjumlah 10 orang (15,4%). Sedangkan Pengetahuan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap responden dengan kategori kurang juga mendapat hasil belajar yang sangat baik berjumlah 1 orang (1,5%). Dari hasil Uji Korelasi Bivariate Pearson di dapat nilai r xy = 0,268>0,244, p-value 0,031< 0,05. Maka ada hubungan yang signifikan antara model pembelajaran berdasarkan masalah dengan hasil belajar mahasiswa. Kesimpulan pengetahuan model pembelajaran berdasarkan masalah masih kurang optimal karena mayoritas memiliki pengetahuan model pembelajaran yang cukup sehingga hasil belajar Mata Kuliah askeb IV kurang memuaskan.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Juliani, Mara Laut Siregar

    , Editor: LPPM STIKes Helvetia