Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MAHASISWA DENGAN PENATALAKSANAAN POST PARTUM HAEMORAGE ASUHAN KEBIDANAN PATOLOGI DI AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2012

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : KRISTINA
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Strategi, Pembelajaran, Penatalaksanaan Post Partum Haemorage Askeb Patolog
Url : http://www.helvetia.ac.id

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif dan interaksi yang terjadi antara dosen dan mahasiswa dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Strategi pembelajaran merupakan cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu dan terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang atau digunakan membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan strategi pembelajaran mahasiswa dengan penatalaksanaan post partum haemorage asuhan kebidanan patologi di Akademi Kebidanan Sehat Medan.


Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan studi korelasi menggunakan “Korelasi Product Moment”. Teknik pengambilan sampel dengan rumus Slovin, jumlah sampel sebanyak 164 orang. Jenis data primer dan sekunder, pengolahan data menggunakan SPSS 16.


Hasil penelitian menunjukkan penatalaksanaan post partum haemorage kategori cukup sebanyak 62 orang (37,8%), kategori kurang sebanyak 50 orang (30,5%). Strategi pembelajaran dengan kategori cukup sebanyak 62 orang (37,8%), kategori baik sebanyak 49 orang (29,9%). Terdapat hubungan yang sangat kuat antara strategi pembelajaran dengan penatalaksanaan post partum haemorage. Uji statistik menggunakan korelasi product moment diperoleh rhitung > rtabel (0,319 > 0,159),terdapat hubungan sangat kuat antara strategi pembelajaran dengan penatalaksanaan post partum haemorage.


Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan penatalaksanaan post partum haemorage. Diharapkan bagi Akademi kebidanan Sehat Lebih meningkatkan strategi pembelajarannya yang lebih baik guna pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih baik lagi.

Deskripsi Alternatif :

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif dan interaksi yang terjadi antara dosen dan mahasiswa dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Strategi pembelajaran merupakan cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu dan terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang atau digunakan membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan strategi pembelajaran mahasiswa dengan penatalaksanaan post partum haemorage asuhan kebidanan patologi di Akademi Kebidanan Sehat Medan.


Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan studi korelasi menggunakan “Korelasi Product Moment”. Teknik pengambilan sampel dengan rumus Slovin, jumlah sampel sebanyak 164 orang. Jenis data primer dan sekunder, pengolahan data menggunakan SPSS 16.


Hasil penelitian menunjukkan penatalaksanaan post partum haemorage kategori cukup sebanyak 62 orang (37,8%), kategori kurang sebanyak 50 orang (30,5%). Strategi pembelajaran dengan kategori cukup sebanyak 62 orang (37,8%), kategori baik sebanyak 49 orang (29,9%). Terdapat hubungan yang sangat kuat antara strategi pembelajaran dengan penatalaksanaan post partum haemorage. Uji statistik menggunakan korelasi product moment diperoleh rhitung > rtabel (0,319 > 0,159),terdapat hubungan sangat kuat antara strategi pembelajaran dengan penatalaksanaan post partum haemorage.


Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan penatalaksanaan post partum haemorage. Diharapkan bagi Akademi kebidanan Sehat Lebih meningkatkan strategi pembelajarannya yang lebih baik guna pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih baik lagi.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Willhelmina Wahara, SST, M.Keb


    Darwin Syamsul, S.Si, M.Si, Apt, Editor: LPPM STIKes Helvetia