Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN II PADA MAHASISWA SEMESTER III DI AKADEMI KEBIDANAN AUDI HUSADA TAHUN 2014

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : KRISTINA SIPAYUNG
Dibuat : , dengan 2 file

Keyword : Minat, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id

Belajar pada hakikatnya adalah proses psikologis. Kuat lemahnya motivasi belajar seseorang turut mempengaruhi keberhasilannya. Oleh karena itu, minat dan motivasi belajar adalah salah satu faktor–faktor psikologis yang utama mempengaruhi proses dan hasil belajar anak didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan II Pada Mahasiswa Semester III Di Akademi Kebidanan Audi Husada Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Deskriptif Korelasional. Populasi dalam penelitian adalah 66 mahasiswa dengan sampel menggunakan total sampling yaitu sebanyak 66 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dari hasil kuesioner yang terdiri dari 24 pertayaan, 12 pertayaan tentang minat belajar, 12 pertayaan tentang motivasi belajar dan dilakukan uji Statistik Chi – Square. Serta data sekunder yaitu hasil belajar Asuhan Kebidanan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar mayoritas dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 30 mahasiswa (45,5%), motivasi belajar mayoritas dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 37 mahasiswa (56,1%), dan hasil belajar asuhan kebidanan II mayoritas dalam kategori baik yaitu sebanyak 54 mahasiswa (82,2%). Dari hasil uji statistik menggunakan chi square diperoleh nilai p (Sig) = 0,000 0,05, maka ada Hubungan Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Asuhan Kebidanan II telah dalam kategori tinggi.

Deskripsi Alternatif :

Belajar pada hakikatnya adalah proses psikologis. Kuat lemahnya motivasi belajar seseorang turut mempengaruhi keberhasilannya. Oleh karena itu, minat dan motivasi belajar adalah salah satu faktor–faktor psikologis yang utama mempengaruhi proses dan hasil belajar anak didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan II Pada Mahasiswa Semester III Di Akademi Kebidanan Audi Husada Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Deskriptif Korelasional. Populasi dalam penelitian adalah 66 mahasiswa dengan sampel menggunakan total sampling yaitu sebanyak 66 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dari hasil kuesioner yang terdiri dari 24 pertayaan, 12 pertayaan tentang minat belajar, 12 pertayaan tentang motivasi belajar dan dilakukan uji Statistik Chi – Square. Serta data sekunder yaitu hasil belajar Asuhan Kebidanan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar mayoritas dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 30 mahasiswa (45,5%), motivasi belajar mayoritas dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 37 mahasiswa (56,1%), dan hasil belajar asuhan kebidanan II mayoritas dalam kategori baik yaitu sebanyak 54 mahasiswa (82,2%). Dari hasil uji statistik menggunakan chi square diperoleh nilai p (Sig) = 0,000 0,05, maka ada Hubungan Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Asuhan Kebidanan II telah dalam kategori tinggi.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Darwin Syamsul, S.Si, M.Si, Apt dan Hj. Juliani, SST, MARS, Editor: LPPM STIKes Helvetia