Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN METODE BELAJAR MANDIRI DENGAN HASIL BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN I (KEHAMILAN) PADA MAHASISWA SEMESTER II DI AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : Lidia Lestari Harahap (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Hubungan Metode Belajar Mandiri, Hasil Belajar, ASKEB I ( Kehamilan )
Url : http://helvetia.ac.id/library

Latar belakang penelitian ini didasari oleh menurunnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ASKEB I (Kehamilan). Banyak faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar mahasiswa, salah satunya metode belajar mandiri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode belajar mandiri dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ASKEB I (Kehamilan).Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif bersifat studi korelasi. Lokasi penelitian di Akademi Kebidanan Sehat Medan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Aguetus 2013. Populasi sebanyak 227 orang. Pengambilan sampel melalui teknik random sampling sebanyak 57 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisa data yang digunakan adalah Chi-square dengan hasil univariat dan bivariat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum belajar mandiri dengan hasil belajar ASKEB I (Kehamilan) menurut mahasiswa dalam pemberdayaan perpustakaan mayoritasnya dengan kategori baik sebanyak 32 orang (56,1%). Mahasiswa berpendapat berdasarkan buku pegangan mayoritasnya dalam kategori cukup 38 orang (66,7%). Mahasiswa yang berpendapat berdasarkan laboratorium mayoritasnya dalam kategori cukup sebanyak 26 orang (45,6%). Terdapat hubungan yang signifikan antara metode belajar mandiri dengan hasil belajar mata kuliah ASKEB I (Kehamilan) semester II Akademi kebidanan Sehat Tahun 2013, dengan diperoleh nilai probabilitas (p) = 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini bahwa menumbuhkan motivasi belajar mandiri dapat tercapai tujuan pendidikan dengan hasil belajar yang menggembirakan.

Deskripsi Alternatif :

Latar belakang penelitian ini didasari oleh menurunnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ASKEB I (Kehamilan). Banyak faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar mahasiswa, salah satunya metode belajar mandiri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode belajar mandiri dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ASKEB I (Kehamilan).Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif bersifat studi korelasi. Lokasi penelitian di Akademi Kebidanan Sehat Medan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Aguetus 2013. Populasi sebanyak 227 orang. Pengambilan sampel melalui teknik random sampling sebanyak 57 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisa data yang digunakan adalah Chi-square dengan hasil univariat dan bivariat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum belajar mandiri dengan hasil belajar ASKEB I (Kehamilan) menurut mahasiswa dalam pemberdayaan perpustakaan mayoritasnya dengan kategori baik sebanyak 32 orang (56,1%). Mahasiswa berpendapat berdasarkan buku pegangan mayoritasnya dalam kategori cukup 38 orang (66,7%). Mahasiswa yang berpendapat berdasarkan laboratorium mayoritasnya dalam kategori cukup sebanyak 26 orang (45,6%). Terdapat hubungan yang signifikan antara metode belajar mandiri dengan hasil belajar mata kuliah ASKEB I (Kehamilan) semester II Akademi kebidanan Sehat Tahun 2013, dengan diperoleh nilai probabilitas (p) = 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini bahwa menumbuhkan motivasi belajar mandiri dapat tercapai tujuan pendidikan dengan hasil belajar yang menggembirakan.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Ismail Efendi, Wilhelmina Wahara

    , Editor: LPPM STIKes Helvetia