Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DAN BELAJAR MANDIRI DENGAN HASIL EVALUASI ASUHAN PERSALINAN NORMAL DI AKADEMI KEBIDANAN BARUNA HUSADA SIBUHUAN TAHUN 2013

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : LISDA HAFNI HARAHAP
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Metode Pembelajaran Simulasi, Belajar Mandiri, Hasil Evaluasi Belajar APN
Url : http://www.helvetia.ac.id

Menurunnya hasil belajar mahasiswa pada materi asuhan persalinan normal disebabkan oleh banyak faktor. Faktor-faktor yang diduga berhubungan dengan hal tersebut yaitu metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri dengan hasil evaluasi APN.


Desain penelitian ini dengan pendekatan explanatory research. Lokasi penelitian di Akbid Baruna Husada Sibuhuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-September 2013. Populasi sebanyak 80 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri mahasiswa dengan hasil evaluasi belajar APN, F=14,750, dan p=0,000. Hubungan kedua metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri dengan hasil evaluasi belajar APN sebesar 0,796 (kuat). Variabel independen dapat menjelaskan 63,3% variabel independen, selebihnya 36,7% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.


Kesimpulan penelitian ini bahwa metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri berhubungan signifikan dengan hasil evaluasi asuhan persalinan normal mahasiswa Akbid Baruna Husada Sibuhuan.

Deskripsi Alternatif :

Menurunnya hasil belajar mahasiswa pada materi asuhan persalinan normal disebabkan oleh banyak faktor. Faktor-faktor yang diduga berhubungan dengan hal tersebut yaitu metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri dengan hasil evaluasi APN.


Desain penelitian ini dengan pendekatan explanatory research. Lokasi penelitian di Akbid Baruna Husada Sibuhuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-September 2013. Populasi sebanyak 80 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri mahasiswa dengan hasil evaluasi belajar APN, F=14,750, dan p=0,000. Hubungan kedua metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri dengan hasil evaluasi belajar APN sebesar 0,796 (kuat). Variabel independen dapat menjelaskan 63,3% variabel independen, selebihnya 36,7% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.


Kesimpulan penelitian ini bahwa metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri berhubungan signifikan dengan hasil evaluasi asuhan persalinan normal mahasiswa Akbid Baruna Husada Sibuhuan.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • dr. Mara Laut Siregar, MKM


    Vivi Eulis Diana, S.Si, MEM, Apt, Editor: LPPM STIKes Helvetia