Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DAN BELAJAR MANDIRI DENGAN HASIL EVALUASI ASUHAN PERSALINAN NORMAL DI AKADEMI KEBIDANAN BARUNA HUSADA SIBUHUAN TAHUN 2013
Oleh : LISDA HAFNI HARAHAP
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Metode Pembelajaran Simulasi, Belajar Mandiri, Hasil Evaluasi Belajar APN
Url : http://www.helvetia.ac.id
Menurunnya hasil belajar mahasiswa pada materi asuhan persalinan normal disebabkan oleh banyak faktor. Faktor-faktor yang diduga berhubungan dengan hal tersebut yaitu metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri dengan hasil evaluasi APN.
Desain penelitian ini dengan pendekatan explanatory research. Lokasi penelitian di Akbid Baruna Husada Sibuhuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-September 2013. Populasi sebanyak 80 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri mahasiswa dengan hasil evaluasi belajar APN, F=14,750, dan p=0,000. Hubungan kedua metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri dengan hasil evaluasi belajar APN sebesar 0,796 (kuat). Variabel independen dapat menjelaskan 63,3% variabel independen, selebihnya 36,7% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.
Kesimpulan penelitian ini bahwa metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri berhubungan signifikan dengan hasil evaluasi asuhan persalinan normal mahasiswa Akbid Baruna Husada Sibuhuan.
Menurunnya hasil belajar mahasiswa pada materi asuhan persalinan normal disebabkan oleh banyak faktor. Faktor-faktor yang diduga berhubungan dengan hal tersebut yaitu metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri dengan hasil evaluasi APN.
Desain penelitian ini dengan pendekatan explanatory research. Lokasi penelitian di Akbid Baruna Husada Sibuhuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-September 2013. Populasi sebanyak 80 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri mahasiswa dengan hasil evaluasi belajar APN, F=14,750, dan p=0,000. Hubungan kedua metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri dengan hasil evaluasi belajar APN sebesar 0,796 (kuat). Variabel independen dapat menjelaskan 63,3% variabel independen, selebihnya 36,7% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.
Kesimpulan penelitian ini bahwa metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri berhubungan signifikan dengan hasil evaluasi asuhan persalinan normal mahasiswa Akbid Baruna Husada Sibuhuan.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- dr. Mara Laut Siregar, MKM
Vivi Eulis Diana, S.Si, MEM, Apt, Editor: LPPM STIKes Helvetia