Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN METODE CERAMAH DAN METODE PENUGASAN DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH KESEHATAN MASYARAKAT PADA MAHASISWA TINGKAT II DI AKADEMI KEBIDANAN BUSTANUL ULUM LANGSA TAHUN 2014
Oleh : MAILINDA PURWANTI
Dibuat : , dengan 2 file
Keyword : Metode Ceramah, Metode Penugasan, Hasil Belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id
Pendidikan adalah muatan, arahan, pilihan yang telah ditetapkan sebagai wahana pengembangan masa depan anak didik yang tidak terlepas dari keharusan kontrol manusia. Pemahaman mengenai pendidikan mengacu pada konsep tersebut menggambarkan banyak aspek dan sifatnya sangat kompleks. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan metode ceramah dan metode penugasan dengan hasil belajar mata kuliah Kesehatan Masyarakat pada Mahasiswa Tingkat II di Akademi Kebidanan Bustanul Ulum Langsa Tahun 2014. Penelitian ini bersifat studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa tingkat II Tahun Ajaran 2013/2014 di Akademi Kebidanan Bustanul Ulum Langsa yang berjumlah 53 orang. Sampel dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa tingkat II sebanyak 53 orang (Total Sampling). Hasil penelitian di peroleh analisa univariat distribusi frekuensi pembelajaran dengan metode ceramah dan metode penugasan mayoritas cukup yaitu sebanyak 38 orang (71,7%), dan minoritas kurang yaitu sebanyak 3 orang (5,7 %). Distribusi frekuensi hasil belajar bahwa mayoritas mahasiswa mendapat nilai B sebanyak 27 orang (50,9%) dan minoritas mendapat nilai D sebanyak 2 orang (3,8%). Analisa bivariat diperoleh Ada hubungan metode ceramah dan metode penugasan dengan hasil belajar mata kuliah kesehatan masyarakat, diperoleh nilai p = 0,03 α = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan metode ceramah dan metode penugasan dengan hasil belajar mata kuliah kesehatan masyarakat di akedemi kebidanan bustanul ulum langsa tahun 2014.
Deskripsi Alternatif :Pendidikan adalah muatan, arahan, pilihan yang telah ditetapkan sebagai wahana pengembangan masa depan anak didik yang tidak terlepas dari keharusan kontrol manusia. Pemahaman mengenai pendidikan mengacu pada konsep tersebut menggambarkan banyak aspek dan sifatnya sangat kompleks. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan metode ceramah dan metode penugasan dengan hasil belajar mata kuliah Kesehatan Masyarakat pada Mahasiswa Tingkat II di Akademi Kebidanan Bustanul Ulum Langsa Tahun 2014. Penelitian ini bersifat studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa tingkat II Tahun Ajaran 2013/2014 di Akademi Kebidanan Bustanul Ulum Langsa yang berjumlah 53 orang. Sampel dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa tingkat II sebanyak 53 orang (Total Sampling). Hasil penelitian di peroleh analisa univariat distribusi frekuensi pembelajaran dengan metode ceramah dan metode penugasan mayoritas cukup yaitu sebanyak 38 orang (71,7%), dan minoritas kurang yaitu sebanyak 3 orang (5,7 %). Distribusi frekuensi hasil belajar bahwa mayoritas mahasiswa mendapat nilai B sebanyak 27 orang (50,9%) dan minoritas mendapat nilai D sebanyak 2 orang (3,8%). Analisa bivariat diperoleh Ada hubungan metode ceramah dan metode penugasan dengan hasil belajar mata kuliah kesehatan masyarakat, diperoleh nilai p = 0,03 α = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan metode ceramah dan metode penugasan dengan hasil belajar mata kuliah kesehatan masyarakat di akedemi kebidanan bustanul ulum langsa tahun 2014.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Dra. NURHASNAH, M.P dan TERANGULI JENDALIM SEMBIRING,MSI, Editor: LPPM STIKes Helvetia