Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN METODE CERAMAH DAN METODE PENUGASAN DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH KESEHATAN MASYARAKAT PADA MAHASISWA TINGKAT II DI AKADEMI KEBIDANAN BUSTANUL ULUM LANGSA TAHUN 2014

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : MAILINDA PURWANTI
Dibuat : , dengan 2 file

Keyword : Metode Ceramah, Metode Penugasan, Hasil Belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id

Pendidikan adalah muatan, arahan, pilihan yang telah ditetapkan sebagai wahana pengembangan masa depan anak didik yang tidak terlepas dari keharusan kontrol manusia. Pemahaman mengenai pendidikan mengacu pada konsep tersebut menggambarkan banyak aspek dan sifatnya sangat kompleks. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan metode ceramah dan metode penugasan dengan hasil belajar mata kuliah Kesehatan Masyarakat pada Mahasiswa Tingkat II di Akademi Kebidanan Bustanul Ulum Langsa Tahun 2014. Penelitian ini bersifat studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa tingkat II Tahun Ajaran 2013/2014 di Akademi Kebidanan Bustanul Ulum Langsa yang berjumlah 53 orang. Sampel dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa tingkat II sebanyak 53 orang (Total Sampling). Hasil penelitian di peroleh analisa univariat distribusi frekuensi pembelajaran dengan metode ceramah dan metode penugasan mayoritas cukup yaitu sebanyak 38 orang (71,7%), dan minoritas kurang yaitu sebanyak 3 orang (5,7 %). Distribusi frekuensi hasil belajar bahwa mayoritas mahasiswa mendapat nilai B sebanyak 27 orang (50,9%) dan minoritas mendapat nilai D sebanyak 2 orang (3,8%). Analisa bivariat diperoleh Ada hubungan metode ceramah dan metode penugasan dengan hasil belajar mata kuliah kesehatan masyarakat, diperoleh nilai p = 0,03 α = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan metode ceramah dan metode penugasan dengan hasil belajar mata kuliah kesehatan masyarakat di akedemi kebidanan bustanul ulum langsa tahun 2014.

Deskripsi Alternatif :

Pendidikan adalah muatan, arahan, pilihan yang telah ditetapkan sebagai wahana pengembangan masa depan anak didik yang tidak terlepas dari keharusan kontrol manusia. Pemahaman mengenai pendidikan mengacu pada konsep tersebut menggambarkan banyak aspek dan sifatnya sangat kompleks. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan metode ceramah dan metode penugasan dengan hasil belajar mata kuliah Kesehatan Masyarakat pada Mahasiswa Tingkat II di Akademi Kebidanan Bustanul Ulum Langsa Tahun 2014. Penelitian ini bersifat studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa tingkat II Tahun Ajaran 2013/2014 di Akademi Kebidanan Bustanul Ulum Langsa yang berjumlah 53 orang. Sampel dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa tingkat II sebanyak 53 orang (Total Sampling). Hasil penelitian di peroleh analisa univariat distribusi frekuensi pembelajaran dengan metode ceramah dan metode penugasan mayoritas cukup yaitu sebanyak 38 orang (71,7%), dan minoritas kurang yaitu sebanyak 3 orang (5,7 %). Distribusi frekuensi hasil belajar bahwa mayoritas mahasiswa mendapat nilai B sebanyak 27 orang (50,9%) dan minoritas mendapat nilai D sebanyak 2 orang (3,8%). Analisa bivariat diperoleh Ada hubungan metode ceramah dan metode penugasan dengan hasil belajar mata kuliah kesehatan masyarakat, diperoleh nilai p = 0,03 α = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan metode ceramah dan metode penugasan dengan hasil belajar mata kuliah kesehatan masyarakat di akedemi kebidanan bustanul ulum langsa tahun 2014.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Dra. NURHASNAH, M.P dan TERANGULI JENDALIM SEMBIRING,MSI, Editor: LPPM STIKes Helvetia