Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN PELAKSANAAN BELAJAR MANDIRI DI LABORATORIUM PADA MAHASISWA SEMESTER IV DI AKADEMI KEBIDANAN BUDI MULIA MEDAN TAHUN 2013
Oleh : Marheni Perangin-angin (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Metode Pembelajaran, Belajar Mandiri
Url : http://helvetia.ac.id/library
Metode Pembelajaran adalah cara yang digunakan dosen untuk menyampaikan pelajaran kepada mahasiswa. Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dipergunakan oleh dosen dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran dengan pelaksanaan belajar mandiri pada mahasiswa semester IV di Akademi Budi Mulia Medan Tahun 2013.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan studi korelasi dengan menggunakan uji chisquare. Populasi adalah mahasiswa semester IV Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan tahun 2013 yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 34 orang. Sampel dalam penelitian sebanyak 34 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling.Hasil penelitian ini adalah berdasarkan analisa univariat responden yang menggunakan metode diskusi mayoritas tidak baik adalah 20 orang (58,8%), responden yang menggunakan metode problem solving mayoritas tidak baik adalah 22 orang (64,7%), dan responden yang menggunakan metode demonstrasi mayoritastidak baik adalah 20 orang (58,8%), sedangkan berdasarkan analisa bivariat setelah dianalisa secara statistik dengan uji chi-square terdapat bahwa Probabilitas (0,000) <α (0,05) berarti Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan yang signifikan anatara metode pembelajaran dengan pelaksanaan belajar mandiri oleh mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan tahun 2013. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya ada hubungan antara metode pembelajaran dengan pelaksanaan belajar mandiri.
Deskripsi Alternatif :Metode Pembelajaran adalah cara yang digunakan dosen untuk menyampaikan pelajaran kepada mahasiswa. Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dipergunakan oleh dosen dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran dengan pelaksanaan belajar mandiri pada mahasiswa semester IV di Akademi Budi Mulia Medan Tahun 2013.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan studi korelasi dengan menggunakan uji chisquare. Populasi adalah mahasiswa semester IV Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan tahun 2013 yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 34 orang. Sampel dalam penelitian sebanyak 34 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling.Hasil penelitian ini adalah berdasarkan analisa univariat responden yang menggunakan metode diskusi mayoritas tidak baik adalah 20 orang (58,8%), responden yang menggunakan metode problem solving mayoritas tidak baik adalah 22 orang (64,7%), dan responden yang menggunakan metode demonstrasi mayoritastidak baik adalah 20 orang (58,8%), sedangkan berdasarkan analisa bivariat setelah dianalisa secara statistik dengan uji chi-square terdapat bahwa Probabilitas (0,000) <α (0,05) berarti Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan yang signifikan anatara metode pembelajaran dengan pelaksanaan belajar mandiri oleh mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan tahun 2013. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya ada hubungan antara metode pembelajaran dengan pelaksanaan belajar mandiri.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Ismail Effendi, Willhelmina Wahara, Editor: LPPM STIKes Helvetia