Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN HASILBELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAHASKEB V D-3 KEBIDANAN HELVETIAMEDAN TAHUN 2013
Oleh : Mariana Sri Rezeki Hutagalung (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar
Url : http://helvetia.ac.id/library
Pelayanan kebidanan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan keluarga yang berkualitas dan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka tercapainya keluarga berkualitas, bahagia dan sejahtera. Pembelajaran kontekstual (CTL) merupakan proses pembelajaran yang holistic, strategi usaha untuk membuat siswa aktif dalam memompa kemampuan diri, melibatkan siswa secara penuh dalam proses pembelajaran, membantu mahasiswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengaitkannya dengan terhadap konteks kehidupan mereka sehari- hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Hubungan Model Pembelajaran kontekstual di Akbid Helvetia, hasil belajar mata kuliah Askeb V dan bagaimana hubungan kedua variable tersebut. Metode penelitian ini korelasi menggunakan rancangan cross sectional. Teknik yang digunakan peneliti dalam pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling, dan sampel yang diambil sebanyak 51 orang mahasiswa.Hasil penelitia ini menyatakan bahwa pembelajaran kontekstual pada mahaiswa tingkat II Akbid Helvetia tahun 2013 kategori baik sebanyak 27 orang (52,9%), cukup 17 orang (33,3%), kurang sebanyak 7 orang ( 13,7%). Hasil belajar mahaiswa tingkat II kategori sangat baik (A) sebanyak 33 orang (64,7 %), baik (B) 12 orang (23,5 %), cukup (C) 6 orang (11,8 %). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sigifikan antara contekstual teaching and learning(CTL) dengan hasil belajar mahasiswa pada askeb V (Komunitas).
Deskripsi Alternatif :Pelayanan kebidanan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan keluarga yang berkualitas dan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka tercapainya keluarga berkualitas, bahagia dan sejahtera. Pembelajaran kontekstual (CTL) merupakan proses pembelajaran yang holistic, strategi usaha untuk membuat siswa aktif dalam memompa kemampuan diri, melibatkan siswa secara penuh dalam proses pembelajaran, membantu mahasiswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengaitkannya dengan terhadap konteks kehidupan mereka sehari- hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Hubungan Model Pembelajaran kontekstual di Akbid Helvetia, hasil belajar mata kuliah Askeb V dan bagaimana hubungan kedua variable tersebut. Metode penelitian ini korelasi menggunakan rancangan cross sectional. Teknik yang digunakan peneliti dalam pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling, dan sampel yang diambil sebanyak 51 orang mahasiswa.Hasil penelitia ini menyatakan bahwa pembelajaran kontekstual pada mahaiswa tingkat II Akbid Helvetia tahun 2013 kategori baik sebanyak 27 orang (52,9%), cukup 17 orang (33,3%), kurang sebanyak 7 orang ( 13,7%). Hasil belajar mahaiswa tingkat II kategori sangat baik (A) sebanyak 33 orang (64,7 %), baik (B) 12 orang (23,5 %), cukup (C) 6 orang (11,8 %). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sigifikan antara contekstual teaching and learning(CTL) dengan hasil belajar mahasiswa pada askeb V (Komunitas).
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Iman Muhammad, Miskah Afriani, Editor: LPPM STIKes Helvetia