Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN HASILBELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAHASKEB V D-3 KEBIDANAN HELVETIAMEDAN TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : Mariana Sri Rezeki Hutagalung (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar
Url : http://helvetia.ac.id/library

Pelayanan kebidanan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan keluarga yang berkualitas dan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka tercapainya keluarga berkualitas, bahagia dan sejahtera. Pembelajaran kontekstual (CTL) merupakan proses pembelajaran yang holistic, strategi usaha untuk membuat siswa aktif dalam memompa kemampuan diri, melibatkan siswa secara penuh dalam proses pembelajaran, membantu mahasiswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengaitkannya dengan terhadap konteks kehidupan mereka sehari- hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Hubungan Model Pembelajaran kontekstual di Akbid Helvetia, hasil belajar mata kuliah Askeb V dan bagaimana hubungan kedua variable tersebut. Metode penelitian ini korelasi menggunakan rancangan cross sectional. Teknik yang digunakan peneliti dalam pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling, dan sampel yang diambil sebanyak 51 orang mahasiswa.Hasil penelitia ini menyatakan bahwa pembelajaran kontekstual pada mahaiswa tingkat II Akbid Helvetia tahun 2013 kategori baik sebanyak 27 orang (52,9%), cukup 17 orang (33,3%), kurang sebanyak 7 orang ( 13,7%). Hasil belajar mahaiswa tingkat II kategori sangat baik (A) sebanyak 33 orang (64,7 %), baik (B) 12 orang (23,5 %), cukup (C) 6 orang (11,8 %). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sigifikan antara contekstual teaching and learning(CTL) dengan hasil belajar mahasiswa pada askeb V (Komunitas).

Deskripsi Alternatif :

Pelayanan kebidanan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan keluarga yang berkualitas dan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka tercapainya keluarga berkualitas, bahagia dan sejahtera. Pembelajaran kontekstual (CTL) merupakan proses pembelajaran yang holistic, strategi usaha untuk membuat siswa aktif dalam memompa kemampuan diri, melibatkan siswa secara penuh dalam proses pembelajaran, membantu mahasiswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengaitkannya dengan terhadap konteks kehidupan mereka sehari- hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Hubungan Model Pembelajaran kontekstual di Akbid Helvetia, hasil belajar mata kuliah Askeb V dan bagaimana hubungan kedua variable tersebut. Metode penelitian ini korelasi menggunakan rancangan cross sectional. Teknik yang digunakan peneliti dalam pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling, dan sampel yang diambil sebanyak 51 orang mahasiswa.Hasil penelitia ini menyatakan bahwa pembelajaran kontekstual pada mahaiswa tingkat II Akbid Helvetia tahun 2013 kategori baik sebanyak 27 orang (52,9%), cukup 17 orang (33,3%), kurang sebanyak 7 orang ( 13,7%). Hasil belajar mahaiswa tingkat II kategori sangat baik (A) sebanyak 33 orang (64,7 %), baik (B) 12 orang (23,5 %), cukup (C) 6 orang (11,8 %). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sigifikan antara contekstual teaching and learning(CTL) dengan hasil belajar mahasiswa pada askeb V (Komunitas).

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Iman Muhammad, Miskah Afriani, Editor: LPPM STIKes Helvetia