Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH ASKEB I (KEHAMILAN) DI AKADEMI KEBIDANAN BUDI MULIA MEDAN TAHUN 2014

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : MARIA RAHMADANI PARULIAN PANE
Dibuat : , dengan 2 file

Keyword : Metode Ceramah, Hasil Belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id

Belajar yang efektif dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan yang diharapkan sesuai dengan tujuan instruksional yang ingin dicapai. Metode pembelajaran adalah salah satu faktor yang utama mempengaruhi proses dan hasil belajar anak didik. Metode ceramah adalah metode yang dilakukan guru dalam menyampaikan bahan pelajaran di dalam kelas secara lisan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan metode ceramah terhadap hasil belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan I (kehamilan) di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan Tahun 2014”. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Korelasional yaitu suatu penelitian atau penelaahan hubungan antara dua variabel pada suatu situasi atau sekelompok subjek. Penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dari hasil kuesioner yang terdiri dari 20 pertayaan, dan dilakukan uji Statistik Chi – Square. Serta data sekunder diperoleh dari hasil belajar mahasiswa. Sampel penelitian dengan menggunakan total sampling sebanyak 32 mahasiswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti terhadap 32 mahasiswa dapat ditemukan hasil belajar Asuhan Kebidanan I (kehamilan) Akademi Kebidanan Budi Mulia mayoritas mendapat nilai cukup (C) yaitu sebanyak 13 (840,6%) mahasiswa dan minoritas mendapat nilai gagal (E) yaitu sebanyak 1 (3,1%) mahasiswa. Penggunaan metode ceramah mahasiswa di dalam proses belajar asuhan kebidanan I termasuk dalam kategori baik dan hasil belajar asuhan kebidanan I yang diperoleh mahasiswa dalam kategori cukup. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan metode ceramah dengan hasil belajar Asuhan Kebidanan I (Kehamilan)

Deskripsi Alternatif :

Belajar yang efektif dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan yang diharapkan sesuai dengan tujuan instruksional yang ingin dicapai. Metode pembelajaran adalah salah satu faktor yang utama mempengaruhi proses dan hasil belajar anak didik. Metode ceramah adalah metode yang dilakukan guru dalam menyampaikan bahan pelajaran di dalam kelas secara lisan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan metode ceramah terhadap hasil belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan I (kehamilan) di Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan Tahun 2014”. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Korelasional yaitu suatu penelitian atau penelaahan hubungan antara dua variabel pada suatu situasi atau sekelompok subjek. Penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dari hasil kuesioner yang terdiri dari 20 pertayaan, dan dilakukan uji Statistik Chi – Square. Serta data sekunder diperoleh dari hasil belajar mahasiswa. Sampel penelitian dengan menggunakan total sampling sebanyak 32 mahasiswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti terhadap 32 mahasiswa dapat ditemukan hasil belajar Asuhan Kebidanan I (kehamilan) Akademi Kebidanan Budi Mulia mayoritas mendapat nilai cukup (C) yaitu sebanyak 13 (840,6%) mahasiswa dan minoritas mendapat nilai gagal (E) yaitu sebanyak 1 (3,1%) mahasiswa. Penggunaan metode ceramah mahasiswa di dalam proses belajar asuhan kebidanan I termasuk dalam kategori baik dan hasil belajar asuhan kebidanan I yang diperoleh mahasiswa dalam kategori cukup. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan metode ceramah dengan hasil belajar Asuhan Kebidanan I (Kehamilan)

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Drs. H. Ismail Efendi, M. Si dan Hj. Juliani, SST, MARS, Editor: LPPM STIKes Helvetia