Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
PENGARUH PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DALAM PELAKSANAAN RESUSITASI PADA BAYI BARU LAHIR DI AKADEMI KEBIDANAN NUSANTARA 2000 MEDAN TAHUN 2013
Oleh : Masnia Tuti Manik (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Pembelajaran di Laboratorium, Prestasi Belajar Dalam Pelaksanaan Resusitasi Bayi Baru Lahir
Url : http://helvetia.ac.id/library
Prestasi belajar mahasiswa dalam pelaksanaan resusitasi Bayi Baru Lahir lebih banyak yang mendapatkan nilai C (50%) dan A dan B (50%). Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa tersebut, salah satu yang diduga menjadi penyebabnya adalah kegiatan pembelajaran di laboratorium yang mencakup metode ceramah, metode demonstrasi dan metode diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dilaboratorium terhadap prestasi belajar belajar mahasiswa dalam pelaksanaan resusitasi pada Bayi Baru Lahir. Jenis penelitian ini adalah studi korelasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling yaitu semua mahasiswa yang menjadi populasi penelitian. Populasi penelitian ini sebanyak 40 orang, sedangkan sanpel diperoleh sebanyak 40 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini data primer yaitu kuesioner kegiatan pembelajaran dilaboratorium dan data sekunder yaitu hasil nilai prestasi belajar dalam pelaksanaan resusitasi pada Bayi Baru Lahir yang diperoleh Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi prodact moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari table uji bivariate diperoleh hasil r = 0,05 nilai p = 0,000 hal ini menunjukkan r > p yang berarti ada pengaruh antara kegiatan pembelajaran dilaboratorium terhadap prestasi belajar mahasiswa dalam pelaksanaan resusitasi pada Bayi Baru Lahir di Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan. Hasil uji didapatkan ada pengaruh yang berarti antara kegiatan pembelajaran dilaboratorium terhadap prestasi belajar.
Prestasi belajar mahasiswa dalam pelaksanaan resusitasi Bayi Baru Lahir lebih banyak yang mendapatkan nilai C (50%) dan A dan B (50%). Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa tersebut, salah satu yang diduga menjadi penyebabnya adalah kegiatan pembelajaran di laboratorium yang mencakup metode ceramah, metode demonstrasi dan metode diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dilaboratorium terhadap prestasi belajar belajar mahasiswa dalam pelaksanaan resusitasi pada Bayi Baru Lahir. Jenis penelitian ini adalah studi korelasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling yaitu semua mahasiswa yang menjadi populasi penelitian. Populasi penelitian ini sebanyak 40 orang, sedangkan sanpel diperoleh sebanyak 40 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini data primer yaitu kuesioner kegiatan pembelajaran dilaboratorium dan data sekunder yaitu hasil nilai prestasi belajar dalam pelaksanaan resusitasi pada Bayi Baru Lahir yang diperoleh Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi prodact moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari table uji bivariate diperoleh hasil r = 0,05 nilai p = 0,000 hal ini menunjukkan r > p yang berarti ada pengaruh antara kegiatan pembelajaran dilaboratorium terhadap prestasi belajar mahasiswa dalam pelaksanaan resusitasi pada Bayi Baru Lahir di Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan. Hasil uji didapatkan ada pengaruh yang berarti antara kegiatan pembelajaran dilaboratorium terhadap prestasi belajar.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Mangatas Silaen, Vivi Eulis Diana, Editor: LPPM STIKes Helvetia