Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

PENGARUH MOTIVASI DAN METODE BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ASKEB I DI AKADEMI KEBIDANAN PEMKO TEBING TINGGI TAHUN 2014

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : Masro Sihombing
Dibuat : , dengan 2 file

Keyword : Motivasi, Metode, Hasil Belajar Askeb I
Url : http://www.helvetia.ac.id

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat menentukan bagi perkembangan dan bagi pembangunan bangsa dan negara. Tujuan pendidikan pada umumnya adalah menyediakan lingkungan yang memungkinkan anak didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya. Motivasi memiliki peranan yang cukup besar dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar, dan metode belajar memiliki andil yang cukup besar dalam belajar mengajar. Desain penelitian ini adalah menggunakan teknik survey analitik dan pendekatan Study Corelation dengan menggunakan rancangan crossectional dan menggunkan teknik analisis regretion berganda. Populasi sebanyak 87 orang dan data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Dari hasil penelitian mayoritas Motivasi responden tinggi yaitu sebanyak 81 orang (93,1%), untuk Metode mayoritas Baik yaitu sebanyak 80 orang (92%) dan hasil belajar mayoritas baik 64 orang (73,6%). Dengan nilai perolehan koefisien korelasi berganda sebesar (R²)=0,198 berarti kedua variabel motivasi dan metode memiliki hubungan yang lemah positif sedangkan koefisien determinan (R Square)= 0,039 atau sebesar 3,9 % artinya kedua variabel hanya dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 3,9 % sedangkan 96,1 % dipengaruhi oleh variabel lain, yang tidak diteliti oleh peneliti.Sedangkan dari tabel nilai Fhitung sebesar 1,719 dengan Ftabel=3,10 maka pengaruh yang lemah positif tersebut tidak signifikan. Kesimpulannya adalah tidak terdapat pengaruh positif motivasi dan metode terhadap hasil belajar Askeb I.

Deskripsi Alternatif :

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat menentukan bagi perkembangan dan bagi pembangunan bangsa dan negara. Tujuan pendidikan pada umumnya adalah menyediakan lingkungan yang memungkinkan anak didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya. Motivasi memiliki peranan yang cukup besar dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar, dan metode belajar memiliki andil yang cukup besar dalam belajar mengajar. Desain penelitian ini adalah menggunakan teknik survey analitik dan pendekatan Study Corelation dengan menggunakan rancangan crossectional dan menggunkan teknik analisis regretion berganda. Populasi sebanyak 87 orang dan data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Dari hasil penelitian mayoritas Motivasi responden tinggi yaitu sebanyak 81 orang (93,1%), untuk Metode mayoritas Baik yaitu sebanyak 80 orang (92%) dan hasil belajar mayoritas baik 64 orang (73,6%). Dengan nilai perolehan koefisien korelasi berganda sebesar (R²)=0,198 berarti kedua variabel motivasi dan metode memiliki hubungan yang lemah positif sedangkan koefisien determinan (R Square)= 0,039 atau sebesar 3,9 % artinya kedua variabel hanya dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 3,9 % sedangkan 96,1 % dipengaruhi oleh variabel lain, yang tidak diteliti oleh peneliti.Sedangkan dari tabel nilai Fhitung sebesar 1,719 dengan Ftabel=3,10 maka pengaruh yang lemah positif tersebut tidak signifikan. Kesimpulannya adalah tidak terdapat pengaruh positif motivasi dan metode terhadap hasil belajar Askeb I.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Ir. Neni Ekowati Januariana, M.P.H dan Drs. H. Ismail Efendi, M.Si, Editor: LPPM STIKes Helvetia