Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DENGAN HASIL BELAJAR KEBIDANAN KOMUNITAS DALAM PRAKTEK KEBIDANAN MAHASISWA SEMESTER IV TAHUN AKADEMIK 2010/2011 DI AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2012
Oleh : MELATI MANDAY
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Metode Pembelajaran Simulasi, Hasil Belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id
Pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan membantu mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Nilai mahasiswa yang rendah dikarenakan strategi pembelajaran yang kurang tepat dan metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan mata kuliah yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran simulasi dengan hasil belajar Kebidanan Komunitas dalam praktik Kebidanan Mahasiswa Semester IV Tahun Akademik 2010/2011 di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012.
Desain penelitian menggunakan studi korelasi dengan rancangan crossectional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012 yang berjumlah 270 orang. Tehnik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 orang. Pengambilan data primer menggunakan metode kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan chi kuadrat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi dalam mata kuliah Kebidanan Komunitas mayoritas cukup sebanyak 32 orang (59,3%) dan hasil belajar Kebidanan Komunitas mayoritas mendapat nilai baik sebanyak 29 responden (53,7%). Hasil analisis chi kuadrat menunjukkan nilai X2hitung = 15,621 dengan sig = 0,004 (sig < 0,05) artinya bahwa hipotesis diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Kebidanan Komunitas di Akademi Kebidanan Sehat Medan. Nilai korelasi product moment sebesar 0,621 menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara metode pembelajaran terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar 62,1%.
Diharapkan kepada dosen agar menerapkan metode pembelajaran simulasi pada mata kuliah Kebidanan Komunitas sehingga meningkatkan partisipasi belajar yang optimal, karena simulasi sangat menarik dan melatih untuk bekerjasama dalam kelompok secara efektif dan mahasiswa berusaha maksimal untuk memahami materi yang diajarkan.
Pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan membantu mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Nilai mahasiswa yang rendah dikarenakan strategi pembelajaran yang kurang tepat dan metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan mata kuliah yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran simulasi dengan hasil belajar Kebidanan Komunitas dalam praktik Kebidanan Mahasiswa Semester IV Tahun Akademik 2010/2011 di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012.
Desain penelitian menggunakan studi korelasi dengan rancangan crossectional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012 yang berjumlah 270 orang. Tehnik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 orang. Pengambilan data primer menggunakan metode kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan chi kuadrat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi dalam mata kuliah Kebidanan Komunitas mayoritas cukup sebanyak 32 orang (59,3%) dan hasil belajar Kebidanan Komunitas mayoritas mendapat nilai baik sebanyak 29 responden (53,7%). Hasil analisis chi kuadrat menunjukkan nilai X2hitung = 15,621 dengan sig = 0,004 (sig < 0,05) artinya bahwa hipotesis diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Kebidanan Komunitas di Akademi Kebidanan Sehat Medan. Nilai korelasi product moment sebesar 0,621 menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara metode pembelajaran terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar 62,1%.
Diharapkan kepada dosen agar menerapkan metode pembelajaran simulasi pada mata kuliah Kebidanan Komunitas sehingga meningkatkan partisipasi belajar yang optimal, karena simulasi sangat menarik dan melatih untuk bekerjasama dalam kelompok secara efektif dan mahasiswa berusaha maksimal untuk memahami materi yang diajarkan.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Drs. H Warno Saskoro, M. Pd
Tetty Noverita Khairani Ssi, M. Si, Editor: LPPM STIKes Helvetia