Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ASKEB II PERSALINAN DENGAN KEMAPUAN MAHASISWA DALAM PEMAHAMAN PARTOGRAF DI AKBID PEMKAB ACEH TENGAH TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : Meli Hikmah (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Pemahaman, Hasil Belajar Askeb II Persalinan
Url : http://helvetia.ac.id/library

Pemahaman adalah proses, perbuatan, cara memahami atau memahamkan (KBBI). Dalam hal ini pemahamn dapat diartikan sebagai proses pembelajaran yang diikuti hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran. pemahaman (comprehension) adalah bagaimana seorang mempertahankan, membedakan, menduga (estimates), menerangkan, memperluas, menyimpulkan, menggenaralisasikan, memberikan contoh, menuliskan kembali, dan memperkirakan. Dengan pemahaman, siswa diminta untuk membuktikan bahwa ia memahami hubungan yang sederhana di antara fakta-fakta atau konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey analitik korelasional dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester IV sebanyak 105 orang, dan sampel sebanyak 51 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden. Penelitian dilakukan bulan Agustus 2013. Data dianalisis menggunakan metode analitik secara univariat, dan bivariat menggunakan uji Chi-Square dengan tingkay kepercayaan 95%(α=0,05). Hasil penelitin menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa tentang partograf semester IV Akbid Pemkab Aceh Tengah mayoritas dalam kategori cukup (49.0%). Hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb II persalinan mayoritas dalam kategori baik yaitu(62,7%). Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan pemahaman partograf dengan hasil belajar Askeb II persalinan, diperoleh X2hitung (11,945) dan nilai probabilitas (p) = o,018. Kesimpulan penelitian ini bahwa semakin baik kemampuan pemahaman mahasiswa maka semakin baik pula hasil belajar Askeb II persalinan.

Deskripsi Alternatif :

Pemahaman adalah proses, perbuatan, cara memahami atau memahamkan (KBBI). Dalam hal ini pemahamn dapat diartikan sebagai proses pembelajaran yang diikuti hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran. pemahaman (comprehension) adalah bagaimana seorang mempertahankan, membedakan, menduga (estimates), menerangkan, memperluas, menyimpulkan, menggenaralisasikan, memberikan contoh, menuliskan kembali, dan memperkirakan. Dengan pemahaman, siswa diminta untuk membuktikan bahwa ia memahami hubungan yang sederhana di antara fakta-fakta atau konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey analitik korelasional dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester IV sebanyak 105 orang, dan sampel sebanyak 51 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden. Penelitian dilakukan bulan Agustus 2013. Data dianalisis menggunakan metode analitik secara univariat, dan bivariat menggunakan uji Chi-Square dengan tingkay kepercayaan 95%(α=0,05). Hasil penelitin menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa tentang partograf semester IV Akbid Pemkab Aceh Tengah mayoritas dalam kategori cukup (49.0%). Hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb II persalinan mayoritas dalam kategori baik yaitu(62,7%). Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan pemahaman partograf dengan hasil belajar Askeb II persalinan, diperoleh X2hitung (11,945) dan nilai probabilitas (p) = o,018. Kesimpulan penelitian ini bahwa semakin baik kemampuan pemahaman mahasiswa maka semakin baik pula hasil belajar Askeb II persalinan.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Iman Muhammad, Ismail Effendi, Editor: LPPM STIKes Helvetia