Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN KEMAMPUAN DOSEN PADA PRAKTEK LABORATORIUM DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWAPADA PEMASANGAN IMPLANT DI AKADEMI KEBIDANANKHOLISATUR RAHMI BINJAI TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : Menda Sri Ninta (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Kemampuan Dosen, Praktik Laboratorium, Hasil Belajar Pemasangan Implant
Url : http://helvetia.ac.id/library

Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor eksrinsik.Salah satu faktor intrinsik tersebut adalah minat belajar, sedangkan salah satu faktor ektrinsiknya adalah kemampuan mengajar dosen yang merupakan faktor penting penentu keberhasilan atau kegagalan hasil belajar mahasiswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan dosen pada praktek laboratorium dengan hasil belajar mahasiswa pada pemasangan Implant di Akademi Kebidanan Kholisatur Rahmi Binjai Tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional menggunakan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 66 semester IV Akademi Kebidanan Kholisatur Rahmi Binjai tahun 2012/2013.Teknik sampling menggunakan simple random sampling.Variabel bebas pada penelitian ini adalah kemampuan dosen pada praktik laboratorium.Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar belajar.Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Metode analisa data dengan cara analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji chi square.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dosen dalam praktek laboratorium menurut mahasiswa mayoritas dalam kategori cukup (31,8%). Hasil belajar mahasiswa pada pemasangan implant mayoritas dalam kategori cukup (43,9%). Terdapat hubungan kemampuan dosen pada praktek laboratorium dengan hasil belajar mahasiswa pada pemasangan Implant di Akademi Kebidanan Kholisatur Rahmi Binjai Tahun 2013 (p = 0,003).Kesimpulan penelitian ini bahwa kemampuan dosen pada praktek laboratorium dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pemasangan Implant.

Deskripsi Alternatif :

Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor eksrinsik.Salah satu faktor intrinsik tersebut adalah minat belajar, sedangkan salah satu faktor ektrinsiknya adalah kemampuan mengajar dosen yang merupakan faktor penting penentu keberhasilan atau kegagalan hasil belajar mahasiswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan dosen pada praktek laboratorium dengan hasil belajar mahasiswa pada pemasangan Implant di Akademi Kebidanan Kholisatur Rahmi Binjai Tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional menggunakan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 66 semester IV Akademi Kebidanan Kholisatur Rahmi Binjai tahun 2012/2013.Teknik sampling menggunakan simple random sampling.Variabel bebas pada penelitian ini adalah kemampuan dosen pada praktik laboratorium.Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar belajar.Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Metode analisa data dengan cara analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji chi square.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dosen dalam praktek laboratorium menurut mahasiswa mayoritas dalam kategori cukup (31,8%). Hasil belajar mahasiswa pada pemasangan implant mayoritas dalam kategori cukup (43,9%). Terdapat hubungan kemampuan dosen pada praktek laboratorium dengan hasil belajar mahasiswa pada pemasangan Implant di Akademi Kebidanan Kholisatur Rahmi Binjai Tahun 2013 (p = 0,003).Kesimpulan penelitian ini bahwa kemampuan dosen pada praktek laboratorium dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pemasangan Implant.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Ivansri Marsaulina Panjaitan, Linda Hernike Napitupulu, Editor: LPPM STIKes Helvetia