Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH KETERAMPILAN DASAR KEBIDANAN (KDK) MAHASISWA TINGKAT I AKADEMI KEBIDANAN BUDI MULIA MEDAN TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : Mona Kristina (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Url : http://helvetia.ac.id/library

Mutu pendidikan di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Hal ini terlihat dari menurunnya peringkat Indonesia dalam HDI (Human Development Index) pada tahun 201 dari peringkat ke 111 dari 182 negara ke peringkat 124 dari 187 negara begitu juga dengan kualitas pelayanan bidan di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan Malaysia dan Negara-negara berkembang lainnya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Keterampilan Dasar Kebidanan (KDK) Mahasiswa Tingkat I Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan Tahun 2013 pada bulan Maret – Juli Tahun 2013.Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah laku. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional dan menggunakan data primer dengan total sampel 30 mahasiswa Tingkat I Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan Tahun 2013. Dari hasil penelitan didapatkan bahwa mayoritas mahasiswa yang memiliki motivasi belajar cukup yakni 15 orang (50 %) mahasiswa. Dengan hasil uji chi-squre membuktikan nilai sig_p = 0,002 dan nilai sig α (0.05). Jika dibandingan nilai sig_p dengan nilai sig α maka sig_p < sig α yaitu 0,002 < 0,05 penggunaan motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar. Kesimpulan motivasi belajar mahasiswa masih kurang optimal karena mayoritas memiliki motivasi belajar yang cukup sehingga hasil belajar Mata Kuliah Keterampilan Dasar Kebidanan (KDK) kurang memuaskan.

Deskripsi Alternatif :

Mutu pendidikan di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Hal ini terlihat dari menurunnya peringkat Indonesia dalam HDI (Human Development Index) pada tahun 201 dari peringkat ke 111 dari 182 negara ke peringkat 124 dari 187 negara begitu juga dengan kualitas pelayanan bidan di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan Malaysia dan Negara-negara berkembang lainnya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Keterampilan Dasar Kebidanan (KDK) Mahasiswa Tingkat I Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan Tahun 2013 pada bulan Maret – Juli Tahun 2013.Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah laku. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional dan menggunakan data primer dengan total sampel 30 mahasiswa Tingkat I Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan Tahun 2013. Dari hasil penelitan didapatkan bahwa mayoritas mahasiswa yang memiliki motivasi belajar cukup yakni 15 orang (50 %) mahasiswa. Dengan hasil uji chi-squre membuktikan nilai sig_p = 0,002 dan nilai sig α (0.05). Jika dibandingan nilai sig_p dengan nilai sig α maka sig_p < sig α yaitu 0,002 < 0,05 penggunaan motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar. Kesimpulan motivasi belajar mahasiswa masih kurang optimal karena mayoritas memiliki motivasi belajar yang cukup sehingga hasil belajar Mata Kuliah Keterampilan Dasar Kebidanan (KDK) kurang memuaskan.

Beri Komentar ?#(1) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Ivansri MP, Juliani , Editor: LPPM STIKes Helvetia