Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN TINGKAT KESULITAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH BIOLOGI REPRODUKSI MAHASISWA TINGKAT II AKADEMI KEBIDANAN BUDI MULIA MEDAN TAHUN 2009

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : NOVICA JOLYARNI DORNIK, SST (info@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Kesulitan Belajar, Hasil Belajar Biologi Reproduksi
Url : http://helvetia.ac.id/library

Masih terdapatnya hasil belajar mahasiswa yang kurang baik pada mata kuliah Biologi Reproduksi disebabkan oleh banyak faktor salah satunya tingkat kesulitan belajar yang dialami oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat kesulitan belajar dengan hasil belajar Biologi Reproduksi mahasiswa Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan tahun 2009.


Jenis dan desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian sebanyak 127 orang. Sampel diperoleh sebanyak 96 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara acak (random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan hasil belajar Biologi Reproduksi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi product moment.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kesulitan Belajar dengan hasil belajar mata kuliah Biologi Reproduksi dengan nilai korelasi 0,689. Secara kualitatif kekuatan hubungan dalam kategori kuat. Semakin rendah kesulitan belajar mahasiswa maka semakin baik pula hasil belajarnya, sebaliknya semakin kurang baik Kesulitan Belajarnya semakin kurang baik hasil belajarnya. Sumbangan variabel X terhadap variabel Y sebesar 47,47%. Demikian juga variabel faktor internal dan faktor eksternal mempunyai hubungan dengan hasil belajar Biologi Reproduksi dengan kategori sedang dan kuat.


Diharapkan Dosen Akbid Bina Mulia Medan untuk membantu memecahkan kesulitan belajar yang dialami mahasiswa terutama dari faktor eksternal, sehingga pencapaian hasil belajar mahasiswa dapat meningkat.

Deskripsi Alternatif :

Masih terdapatnya hasil belajar mahasiswa yang kurang baik pada mata kuliah Biologi Reproduksi disebabkan oleh banyak faktor salah satunya tingkat kesulitan belajar yang dialami oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat kesulitan belajar dengan hasil belajar Biologi Reproduksi mahasiswa Akademi Kebidanan Budi Mulia Medan tahun 2009.


Jenis dan desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian sebanyak 127 orang. Sampel diperoleh sebanyak 96 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara acak (random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan hasil belajar Biologi Reproduksi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi product moment.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kesulitan Belajar dengan hasil belajar mata kuliah Biologi Reproduksi dengan nilai korelasi 0,689. Secara kualitatif kekuatan hubungan dalam kategori kuat. Semakin rendah kesulitan belajar mahasiswa maka semakin baik pula hasil belajarnya, sebaliknya semakin kurang baik Kesulitan Belajarnya semakin kurang baik hasil belajarnya. Sumbangan variabel X terhadap variabel Y sebesar 47,47%. Demikian juga variabel faktor internal dan faktor eksternal mempunyai hubungan dengan hasil belajar Biologi Reproduksi dengan kategori sedang dan kuat.


Diharapkan Dosen Akbid Bina Mulia Medan untuk membantu memecahkan kesulitan belajar yang dialami mahasiswa terutama dari faktor eksternal, sehingga pencapaian hasil belajar mahasiswa dapat meningkat.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Rismaini Sembiring, SKM, MSi dan Samsidar Sitorus, SST, M.Kes
    , Editor: Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan