Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN PERAN DOSEN PEMBIMBING AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN I MAHASISWA TINGKAT I SEMESTER II PROGRAM STUDI D III KEBIDANAN DI AKADEMI KEBIDANAN BAKTI INANG PERSADA TAHUN 2014
Oleh : Nur Hazjah Siregar
Dibuat : , dengan 20 file
Keyword : Peran Dosen, Hasil Berlajar, ASKEB 1 (Ibu Hamil)
Url : http://www.helvetia.ac.id
Pembimbing Akademik adalah bantuan atau pertolongan yang diberikan kepada individu atau sekumpulan individu-individu dalam menghindari atau mengatasi kesulitan-kesulitan pada mahasiswa. Peranan bimbingan dalam pendidikan adalah pembentukan manusia yang utuh, maka proses pendidikan harus dapat membantu siswa mencapai kematangan emosional dan social, sebagai individu dan anggota masyarakat selain mengembangkan kemampuan inteleknya, bimbingan menangani masalah-masalah atau hal-hal di luar bidang garapan pengajaran tetapi secara tidak langsung menunjang tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran. Dari berbagai prinsip belajar tersebut terdapat beberapa prinsip yang relatif berlaku umum yang dapat kita pakai sebagai dasar dalam upaya pembelajaran, baik bagi siswa yang perlu meningkatkan upaya belajarnya maupun bagi guru dalam upaya meningkatnya mengajar. Jenis penelitian ini bersifat deskritif analitik yang bertujuan untuk mengetahui Hubungan Peran Dosen Pembimbing Akademik Dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan I Mahasiswa Tingkat I Semester II Program Study D-III Kebidanan Bakti Inang Persada Medan Tahun 2014. Setelah dilakukan uji statistik Chi-Square Test untuk mengetahui Peran Dosen Pembimbing Akademik dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan 1 (ASKEB 1) diperoleh nilai α = 0,024 (p < 0,05) dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara peran dosen pembimbing akademik dengan hasil belajar asuhan kebidanan 1 (ASKEB 1).
Deskripsi Alternatif :Pembimbing Akademik adalah bantuan atau pertolongan yang diberikan kepada individu atau sekumpulan individu-individu dalam menghindari atau mengatasi kesulitan-kesulitan pada mahasiswa. Peranan bimbingan dalam pendidikan adalah pembentukan manusia yang utuh, maka proses pendidikan harus dapat membantu siswa mencapai kematangan emosional dan social, sebagai individu dan anggota masyarakat selain mengembangkan kemampuan inteleknya, bimbingan menangani masalah-masalah atau hal-hal di luar bidang garapan pengajaran tetapi secara tidak langsung menunjang tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran. Dari berbagai prinsip belajar tersebut terdapat beberapa prinsip yang relatif berlaku umum yang dapat kita pakai sebagai dasar dalam upaya pembelajaran, baik bagi siswa yang perlu meningkatkan upaya belajarnya maupun bagi guru dalam upaya meningkatnya mengajar. Jenis penelitian ini bersifat deskritif analitik yang bertujuan untuk mengetahui Hubungan Peran Dosen Pembimbing Akademik Dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan I Mahasiswa Tingkat I Semester II Program Study D-III Kebidanan Bakti Inang Persada Medan Tahun 2014. Setelah dilakukan uji statistik Chi-Square Test untuk mengetahui Peran Dosen Pembimbing Akademik dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan 1 (ASKEB 1) diperoleh nilai α = 0,024 (p < 0,05) dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara peran dosen pembimbing akademik dengan hasil belajar asuhan kebidanan 1 (ASKEB 1).
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Herlina J.EL-Matury, ST, M.kes dan dr. Mangatas Silaen SpOG, Editor: LPPM STIKes Helvetia