Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN SARANA DAN PRASARANA PADA MATA KULIAH ASKEB I DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER II DI AKADEMI KEBIDANAN HELVETIA MEDAN TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : Nurita (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Sarana Dan Prasarana, Hasil Belajar
Url : http://helvetia.ac.id/library

Dalam PP No. 19 tahun 2005 menyebutkan bahwa standar sarana dan prasarana adalah standat nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimum tentang ruang belajar, perpustakaan, laboratorium, serta sumber belajar lain yang menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam proses belajar mengajar sarana dan prasarana merupakan salah satu komponen pendidikan yang harus memenuhi Standar Nasional Pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Hubungan Sarana Dan Prasarana Pada Mata Kuliah Askeb I Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Semester II Di Akademi Kebidanan Helvetia Medan Tahun 2013. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendeketan cross sectional. Merupakan penelitian atau penelaahan hubungan antara dua variabel pada suatu situasi atau sekelompok objek. Hal ini dilakukan untuk melihat hubungan antara gejala satu dengan gejala yang lain atau variabel yang lain Populasi dalam penelitian ini adalah 291 Mahasiswa namun disini saya mengambil sampel dengan menggunakan rumus klaster sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 55 mahasiswa yang akan dijadikan sebagai sampel. Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan uji chi-square pada tingkat kepercayaan 95% dengan α = 0,05, df = 4, diperoleh P <α tabel (0.031<0.05), Hasil ini berarti ada hubungan signifikan antara sarana dan prasarana pada mata kuliah askeb I dengan hasil belajar mahasiswa semester II Di Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2013.

Deskripsi Alternatif :

Dalam PP No. 19 tahun 2005 menyebutkan bahwa standar sarana dan prasarana adalah standat nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimum tentang ruang belajar, perpustakaan, laboratorium, serta sumber belajar lain yang menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam proses belajar mengajar sarana dan prasarana merupakan salah satu komponen pendidikan yang harus memenuhi Standar Nasional Pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Hubungan Sarana Dan Prasarana Pada Mata Kuliah Askeb I Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Semester II Di Akademi Kebidanan Helvetia Medan Tahun 2013. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendeketan cross sectional. Merupakan penelitian atau penelaahan hubungan antara dua variabel pada suatu situasi atau sekelompok objek. Hal ini dilakukan untuk melihat hubungan antara gejala satu dengan gejala yang lain atau variabel yang lain Populasi dalam penelitian ini adalah 291 Mahasiswa namun disini saya mengambil sampel dengan menggunakan rumus klaster sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 55 mahasiswa yang akan dijadikan sebagai sampel. Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan uji chi-square pada tingkat kepercayaan 95% dengan α = 0,05, df = 4, diperoleh P <α tabel (0.031<0.05), Hasil ini berarti ada hubungan signifikan antara sarana dan prasarana pada mata kuliah askeb I dengan hasil belajar mahasiswa semester II Di Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2013.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Juliani, Tety Noverita Khairani, Editor: LPPM STIKes Helvetia