Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN KOMUNIKASI DALAM KONSELING BIDAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN ANCDI KLINIK BIDAN INDAH TAHUN 2012
Oleh : NUR RAHMI SARTIKA
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Kepuasan, Komunikasi, Konseling, Ibu Hamil, Pelayanan, Antenatal care, Bidan
Url : http://www.helvetia.ac.id
Kepuasan pasien sering dipandang sebagai suatu komponen yang penting dalam pelayanan kesehatan. Keramahan dan kenikmatan berkaitan dengan pelayanan kesehatan yang tidak berhubungan langsung dengan klinis dapat mempengaruhi kepuasan pasien dan ketersediaannya. Umumnya fasilitas layanan milik pemerintah kurang/tidak dimanfaatkan oleh masyarakat. Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Salah satunya adalah komunikasi bidan dalam memberikan pelayanan ANC.
Dari penelitian awal yang penulis lakukan di klinik Bidan Indah Medan diperoleh hasil bahwa kunjungan ibu hamil mengalami kenaikan dan penurunan pada tiap bulannya yang kemungkinan ada kaitannya dengan tingkat kepuasan pasien terhadap komunikasi bidan dalam memberikan pelayanan.
Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2012 untuk mengetahui hubungan komunikasi dalam konseling bidan terhadap tingkat kepuasan ibu hamil dalam mendapatkan pelayanan antenatal care dengan desain penelitian metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross Sectional study dengan sampel 39 ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di klinik Bidan Indah. Teknik samplingnya adalah Total Sampling dan variabel yang digunakan yaitu variabel bebas adalah tingkat kepuasan ibu hamil dan variabel tergantung adalah komunikasi dalam konseling bidan. Metode pengumpulan data dengan kuesioner.
Hasil analisa uji korelasi Chi-Square (X2) dengan α = 0,05, diperoleh hasil dari komunikasi verbal dengan tingkat kepuasan X2hitung sebesar 22,742 < 15,507 (X2tabel), dengan tingkat signifikansi (p) = 0,004 < 0,05, sedangkan hubungan komunikasi Nnonverbal terhadap tingkat kepuasan X2hitung sebesar 41,564 < 15,507 (X2tabel) dengan nilai (p) = 0,000 < 0,05 berarti ada hubungan yang signifikan dengan katagori baik (23,1%) dan sangat puas dengan komunikasi nonverbal (61,5%). Dapat disimpulkan oleh peniliti bawah yang sangat mempengaruhi tingkat kepuasan ibu dalam mendapatkan pelayanan ANC adalah komunikasi nonverbal bidan, Sehingga Semakin baik pelayanan yang diberikan oleh bidan, Maka akan semakin puas ibu hamil dengan pelayanan yang diberikan oleh bidan di Klinik Bidan Indah Medan tahun 2012.
Kepuasan pasien sering dipandang sebagai suatu komponen yang penting dalam pelayanan kesehatan. Keramahan dan kenikmatan berkaitan dengan pelayanan kesehatan yang tidak berhubungan langsung dengan klinis dapat mempengaruhi kepuasan pasien dan ketersediaannya. Umumnya fasilitas layanan milik pemerintah kurang/tidak dimanfaatkan oleh masyarakat. Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Salah satunya adalah komunikasi bidan dalam memberikan pelayanan ANC.
Dari penelitian awal yang penulis lakukan di klinik Bidan Indah Medan diperoleh hasil bahwa kunjungan ibu hamil mengalami kenaikan dan penurunan pada tiap bulannya yang kemungkinan ada kaitannya dengan tingkat kepuasan pasien terhadap komunikasi bidan dalam memberikan pelayanan.
Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2012 untuk mengetahui hubungan komunikasi dalam konseling bidan terhadap tingkat kepuasan ibu hamil dalam mendapatkan pelayanan antenatal care dengan desain penelitian metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross Sectional study dengan sampel 39 ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di klinik Bidan Indah. Teknik samplingnya adalah Total Sampling dan variabel yang digunakan yaitu variabel bebas adalah tingkat kepuasan ibu hamil dan variabel tergantung adalah komunikasi dalam konseling bidan. Metode pengumpulan data dengan kuesioner.
Hasil analisa uji korelasi Chi-Square (X2) dengan α = 0,05, diperoleh hasil dari komunikasi verbal dengan tingkat kepuasan X2hitung sebesar 22,742 < 15,507 (X2tabel), dengan tingkat signifikansi (p) = 0,004 < 0,05, sedangkan hubungan komunikasi Nnonverbal terhadap tingkat kepuasan X2hitung sebesar 41,564 < 15,507 (X2tabel) dengan nilai (p) = 0,000 < 0,05 berarti ada hubungan yang signifikan dengan katagori baik (23,1%) dan sangat puas dengan komunikasi nonverbal (61,5%). Dapat disimpulkan oleh peniliti bawah yang sangat mempengaruhi tingkat kepuasan ibu dalam mendapatkan pelayanan ANC adalah komunikasi nonverbal bidan, Sehingga Semakin baik pelayanan yang diberikan oleh bidan, Maka akan semakin puas ibu hamil dengan pelayanan yang diberikan oleh bidan di Klinik Bidan Indah Medan tahun 2012.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Ardi Ermawany, MBA
Dra.Nurmaida, M.Psi, Editor: LPPM STIKes Helvetia