Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ASKEB NEONATUS DI AKADEMI KEBIDANAN MUHAMMADIYAH BANDA ACEH TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : Ona Novianty
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Cara Belajar, Hasil Belajar, Askeb Neonatus
Url : http://www.helvetia.ac.id

Cara belajar adalah kegiatan belajar yang dilakukan dalam mempelajari sesuatu, artinya kegiatan yang seharusnya dilakukan dalam situasi belajar tertentu. Cara belajar askeb neonatus yang dianggap kurang memadai dikarenakan mahasiswa tersebut jarang mengikuti perkuliahaan sehingga kurangnya pertemuan materi dan mahasiswa tersebut tidak bertempat tinggal didalam asrama yang menyebabkan pengontrolan perkuliahaan sulit dilakukan oleh para dosen. Cara belajar akan menentukan kualitas hasil belajar yang diperoleh dan yang menjadi ruang lingkup permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hubungan cara belajar dengan hasil belajar mahasiswa mata kuliah askeb neonatus di Akademi Kebidanan Muhammadiyah Banda Aceh Tahun 2013”. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional merupakan kelanjutan penelitian deskriptif yang menggambarkan hubungan antara variable yang diteliti. Yaitu hubungan cara belajar dengan hasil belajar mahasiswa mata kuliah askeb neonatus di Akademi Kebidanan Muhammadiyah Banda Aceh Tahun 2013 dengan populasi adalah seluruh mahasiswa tingat III Akademi Kebidanan Muhammadiyah Banda Aceh Tahun 2013 dan sampel berjumlah 111 orang. Hasil penelitian ini adalah ada hubungan antara mengikuti perkuliahaan p =0,041, mempelajari buku p = 0,034, berdiskusi kelompok p = 0,034, bertanya jawab p = 0,001 dan menghafal pelajaran p = 0,035 dengan hasil belajar mata kuliah askeb neonatus.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan cara belajar (mengikuti perkuliahaan, mempelajari buku, berdiskusi kelompok, bertanya jawab, dan menghafal pelajaran) dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah askeb neonatus di Akademi Kebidanan Muhammadiyah Banda Aceh Tahun 2013.

Deskripsi Alternatif :

Cara belajar adalah kegiatan belajar yang dilakukan dalam mempelajari sesuatu, artinya kegiatan yang seharusnya dilakukan dalam situasi belajar tertentu. Cara belajar askeb neonatus yang dianggap kurang memadai dikarenakan mahasiswa tersebut jarang mengikuti perkuliahaan sehingga kurangnya pertemuan materi dan mahasiswa tersebut tidak bertempat tinggal didalam asrama yang menyebabkan pengontrolan perkuliahaan sulit dilakukan oleh para dosen. Cara belajar akan menentukan kualitas hasil belajar yang diperoleh dan yang menjadi ruang lingkup permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hubungan cara belajar dengan hasil belajar mahasiswa mata kuliah askeb neonatus di Akademi Kebidanan Muhammadiyah Banda Aceh Tahun 2013”. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional merupakan kelanjutan penelitian deskriptif yang menggambarkan hubungan antara variable yang diteliti. Yaitu hubungan cara belajar dengan hasil belajar mahasiswa mata kuliah askeb neonatus di Akademi Kebidanan Muhammadiyah Banda Aceh Tahun 2013 dengan populasi adalah seluruh mahasiswa tingat III Akademi Kebidanan Muhammadiyah Banda Aceh Tahun 2013 dan sampel berjumlah 111 orang. Hasil penelitian ini adalah ada hubungan antara mengikuti perkuliahaan p =0,041, mempelajari buku p = 0,034, berdiskusi kelompok p = 0,034, bertanya jawab p = 0,001 dan menghafal pelajaran p = 0,035 dengan hasil belajar mata kuliah askeb neonatus.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan cara belajar (mengikuti perkuliahaan, mempelajari buku, berdiskusi kelompok, bertanya jawab, dan menghafal pelajaran) dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah askeb neonatus di Akademi Kebidanan Muhammadiyah Banda Aceh Tahun 2013.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Iman Muhammad, SE, S.Kom, MM, M.Kes


    Drs. H. Ismail Effendi, M.Si, Editor: LPPM STIKes Helvetia