Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN TEKNIK PEMBELAJARAN PRAKTIK DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWI PADA MATA KULIAH PELAYANAN KELUARGA BERENCANA DI AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2012
Oleh : PARYANI
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Teknik Pembelajaran Praktik, Pelayanan Keluarga Berencana
Url : http://www.helvetia.ac.id
Belajar mengajar merupakan suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara dosen dengan mahasiswi. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan dengan menerapkan berbagai metode pengajaran dan yang menjadi ruang lingkup permasalahan dalam penelitian ini adalah âBagaimana hubungan teknik pembelajaran praktik dengan hasil belajar mahasiswi pada mata kuliah pelayanan keluarga berencana di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012â.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, yaitu untuk menganalisa hubungan teknik pembelajaran praktik dengan hasil belajar mahasiswi pada mata kuliah KB di akademi kebidanan sehat medan tahun 201, dengan populasi adalah seluruh mahasiswi semester IV Akbid Sehat Medan Tahun 2012 yang terdiri dari 4 (empat) kelas sebanyak 275 mahasiswi dan besar sampel berjumlah 68 orang.
Hubungan teknik pembelajaran praktik sangat erat dengan hasil belajar mahasiswi,dapat diambil dari hasil penelitian dosen dalam proses belajar mengajar mayoritas dengan menggunakan teknik pembelajaran praktik mayoritas sebanyak 41 orang (60,3%) dan minoritas dengan tidak menggunakan teknik pembelajaran praktik sebanyak 27 orang (39,7%). Hasil belajar mata kuliah pelayanan keluarga berencana mayoritas baik sebanyak 33 orang (48,5%) dan minoritas sebanyak 4 orang (5,9%) dan terdapat hubungan teknik pembelajaran praktik dengan hasil belajar mahasiswi pada mata kuliah KB di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012.
Berdasarkan hasil penelitian yang di paparkan dapat disimpulkan bahwa dosen di Akademi Kebidanan Sehat Medan dalam proses belajar mengajar mayoritas menggunakan teknik pembelajaran praktik dan hasil nilai mata kuliah KB mahasiswi semester IV mayoritas baik serta terdapat hubungan antara teknik pembelajaran praktik dengan hasil belajar mahasiswi pada mata kuliah KB di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012. Sebagai saran dalam penelitian ini adalah diharapkan dosen meningkatkan metode pembelajaran terutama pada saat menyampaikan pembelajaran terutama pada teknik pembelajaran praktik di laboratorium dan mata kuliah KB.
Belajar mengajar merupakan suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara dosen dengan mahasiswi. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan dengan menerapkan berbagai metode pengajaran dan yang menjadi ruang lingkup permasalahan dalam penelitian ini adalah âBagaimana hubungan teknik pembelajaran praktik dengan hasil belajar mahasiswi pada mata kuliah pelayanan keluarga berencana di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012â.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, yaitu untuk menganalisa hubungan teknik pembelajaran praktik dengan hasil belajar mahasiswi pada mata kuliah KB di akademi kebidanan sehat medan tahun 201, dengan populasi adalah seluruh mahasiswi semester IV Akbid Sehat Medan Tahun 2012 yang terdiri dari 4 (empat) kelas sebanyak 275 mahasiswi dan besar sampel berjumlah 68 orang.
Hubungan teknik pembelajaran praktik sangat erat dengan hasil belajar mahasiswi,dapat diambil dari hasil penelitian dosen dalam proses belajar mengajar mayoritas dengan menggunakan teknik pembelajaran praktik mayoritas sebanyak 41 orang (60,3%) dan minoritas dengan tidak menggunakan teknik pembelajaran praktik sebanyak 27 orang (39,7%). Hasil belajar mata kuliah pelayanan keluarga berencana mayoritas baik sebanyak 33 orang (48,5%) dan minoritas sebanyak 4 orang (5,9%) dan terdapat hubungan teknik pembelajaran praktik dengan hasil belajar mahasiswi pada mata kuliah KB di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012.
Berdasarkan hasil penelitian yang di paparkan dapat disimpulkan bahwa dosen di Akademi Kebidanan Sehat Medan dalam proses belajar mengajar mayoritas menggunakan teknik pembelajaran praktik dan hasil nilai mata kuliah KB mahasiswi semester IV mayoritas baik serta terdapat hubungan antara teknik pembelajaran praktik dengan hasil belajar mahasiswi pada mata kuliah KB di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012. Sebagai saran dalam penelitian ini adalah diharapkan dosen meningkatkan metode pembelajaran terutama pada saat menyampaikan pembelajaran terutama pada teknik pembelajaran praktik di laboratorium dan mata kuliah KB.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Christin Jayanti, SST, M.Kes
Willhelmina Wahara, SST, M.Keb, Editor: LPPM STIKes Helvetia