Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � Kesehatan Masyarakat
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PETISAH KOTA MEDAN TAHUN 2012
Oleh : RAHMA SARI RANGKUTI
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Puskesmas, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien
Url : http://www.helvetia.ac.id
Kepuasan pasien memiliki hubungan yang erat dengan kualitas. Kualitas memberikan dorongan atau motivasi kepada pasien untuk menjalin ikatan dan hubungan yang baik dan kuat dengan puskesmas. Adanya ikatan dan hubungan yang kuat dengan pasien sebagai pelanggan, maka puskesmas sebagai perusahaan jasa dapat memahami kebutuhan pasien dan berusaha memenuhinya serta meminimkan kesalahan yang mengakibatkan kekecewaan pasien sebagai konsumen.
Penelitian ini dilakukan dengan survei yang bersifat deskriptif analitik yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Petisah Kota Medan Tahun 2012.
Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan (pelayanan dokter, pelayanan perawat, pelayanan administrasi, ketersediaan obat, ketersediaan alat/ fasilitas) mempengaruhi kepuasan pasien sebesar 59,3% sedangkan 40,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai taraf signifikan yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa pengaruh pelayanan kesehatan adalah signifikan terhadap kepuasan pasien. Faktor yang dominan mempengaruhi kepuasan pasien di Puskesmas adalah faktor pelayanan perawat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pelayanan kesehatan (pelayanan dokter, perawat, administrasi) terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Petisah dan (ketersediaan obat dan ketersediaan alat/ fasilitas) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien di PuskesmasPetisah. Disarankan kepada tenaga kesehatan di Puskesmas Petisah Kota Medan untuk lebih memperbaiki kualitas pelayanan guna memenuhi kepuasan pasien, sehingga dapat menentukan langkah â langkah selanjutnya yang diambil dalam mengukur kebijaksanaan dimasa yang akan datang dan memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh pasien tanpa membeda â bedakan pasien.
Kepuasan pasien memiliki hubungan yang erat dengan kualitas. Kualitas memberikan dorongan atau motivasi kepada pasien untuk menjalin ikatan dan hubungan yang baik dan kuat dengan puskesmas. Adanya ikatan dan hubungan yang kuat dengan pasien sebagai pelanggan, maka puskesmas sebagai perusahaan jasa dapat memahami kebutuhan pasien dan berusaha memenuhinya serta meminimkan kesalahan yang mengakibatkan kekecewaan pasien sebagai konsumen.
Penelitian ini dilakukan dengan survei yang bersifat deskriptif analitik yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Petisah Kota Medan Tahun 2012.
Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan (pelayanan dokter, pelayanan perawat, pelayanan administrasi, ketersediaan obat, ketersediaan alat/ fasilitas) mempengaruhi kepuasan pasien sebesar 59,3% sedangkan 40,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai taraf signifikan yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa pengaruh pelayanan kesehatan adalah signifikan terhadap kepuasan pasien. Faktor yang dominan mempengaruhi kepuasan pasien di Puskesmas adalah faktor pelayanan perawat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pelayanan kesehatan (pelayanan dokter, perawat, administrasi) terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Petisah dan (ketersediaan obat dan ketersediaan alat/ fasilitas) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien di PuskesmasPetisah. Disarankan kepada tenaga kesehatan di Puskesmas Petisah Kota Medan untuk lebih memperbaiki kualitas pelayanan guna memenuhi kepuasan pasien, sehingga dapat menentukan langkah â langkah selanjutnya yang diambil dalam mengukur kebijaksanaan dimasa yang akan datang dan memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh pasien tanpa membeda â bedakan pasien.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Drs. Efendi Agus, M.Si
Ir. Neni Ekowati Januariana MPH, Editor: LPPM STIKes Helvetia