Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN STRATEGI PENGELOLAAN KELAS TERHADAP BELAJAR MAHASISWI PADA MATA KULIAH KEBIDANAN KOMUNITAS DI AKADEMI KEBIDANAN INDAH MEDAN TAHUN 2012

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : RIKA YUNITA HARAHAP
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Strategi Pengelolaan Kelas dan Belajar Mahasiswi
Url : http://www.helvetia.ac.id

Perguruan tinggi mempunyai peran sebagai lembaga pendidikan yang mengembangkan potensi-potensi siswa yang manusiawi, agar mampu menjalani tugas-tugas dalam kehidupan, baik secara individual maupun sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan strategi Pengelohan Kelas terhadap Belajar Mahasiswi pada Mata Kuliah Kebidanan Komunitas di Akademi Kebidanan Indah Medan Tahun 2012 ”.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian studi korelasi yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk membandingkan pengukuran dua variabel yang berbeda agar dapat menentukan hubungan antara variabel-variabel tersebut.


Dari hasil penelitian diperoleh bahwa mayoritas responden memiliki strategi pengelolaan kelas yang cukup baik (44.3%) dan mayoritas mayoritas responden memperoleh hasil belajar yang baik (45.7%). Hasil uji tabulasi silang antara strategi pengelolaan kelas dengan hasil belajar memperlihatkan bahwa dari 26 responden dengan strategi pengelolaan kelas yang baik, ada 19 orang (73.1%) yang memperoleh hasil belajar yang baik,dan tidak ada yang memperoleh hasil belajar yang sangat tidak baik. Sebaliknya, dari 13 orang dengan strategi pengelolaan kelas yang kurang baik, tidak ada yang memperoleh hasil belajar yang sangat baik dan baik, dan 7 orang (53.8%) memperoleh hasil belajar yang sangat tidak baik (buruk). Jika dibandingkan persentase hasil belajar yang diperoleh dari strategi pengelolaan kelas, terdapat rasio 73.1% berbanding 53.8%. Hal ini mengindikasikan bahwa pengelolaan kelas yang baik cenderung menghasilkan kegiatan belajar yang baik.


Pengelolaan kelas memiliki hubungan signifikan dengan kegiatan belajar mahasiswi pada kuliah kebidanan komunitas Akademi Kebidanan Indah Medan Tahun 2012. Kepada Akademi Kebidanan Indah Medan disarankan agar meningkatkan pengelolaan kelas sehingga proses belajar mahasiswi semakin baik. Kepada mahasiswi Akademi Kebidanan Indah Medan disarankan untuk lebih meningkatkan kegiatan belajarnya.

Deskripsi Alternatif :

Perguruan tinggi mempunyai peran sebagai lembaga pendidikan yang mengembangkan potensi-potensi siswa yang manusiawi, agar mampu menjalani tugas-tugas dalam kehidupan, baik secara individual maupun sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan strategi Pengelohan Kelas terhadap Belajar Mahasiswi pada Mata Kuliah Kebidanan Komunitas di Akademi Kebidanan Indah Medan Tahun 2012 ”.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian studi korelasi yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk membandingkan pengukuran dua variabel yang berbeda agar dapat menentukan hubungan antara variabel-variabel tersebut.


Dari hasil penelitian diperoleh bahwa mayoritas responden memiliki strategi pengelolaan kelas yang cukup baik (44.3%) dan mayoritas mayoritas responden memperoleh hasil belajar yang baik (45.7%). Hasil uji tabulasi silang antara strategi pengelolaan kelas dengan hasil belajar memperlihatkan bahwa dari 26 responden dengan strategi pengelolaan kelas yang baik, ada 19 orang (73.1%) yang memperoleh hasil belajar yang baik,dan tidak ada yang memperoleh hasil belajar yang sangat tidak baik. Sebaliknya, dari 13 orang dengan strategi pengelolaan kelas yang kurang baik, tidak ada yang memperoleh hasil belajar yang sangat baik dan baik, dan 7 orang (53.8%) memperoleh hasil belajar yang sangat tidak baik (buruk). Jika dibandingkan persentase hasil belajar yang diperoleh dari strategi pengelolaan kelas, terdapat rasio 73.1% berbanding 53.8%. Hal ini mengindikasikan bahwa pengelolaan kelas yang baik cenderung menghasilkan kegiatan belajar yang baik.


Pengelolaan kelas memiliki hubungan signifikan dengan kegiatan belajar mahasiswi pada kuliah kebidanan komunitas Akademi Kebidanan Indah Medan Tahun 2012. Kepada Akademi Kebidanan Indah Medan disarankan agar meningkatkan pengelolaan kelas sehingga proses belajar mahasiswi semakin baik. Kepada mahasiswi Akademi Kebidanan Indah Medan disarankan untuk lebih meningkatkan kegiatan belajarnya.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Darwin Syamsul, S.si, M.Si, Apt


    Tetty Noverita Khairani, S.Si, M.Si, Editor: LPPM STIKes Helvetia