Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRAKTEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH PEMBELAJARAN MIKRO MAHASISWA D-IV BIDAN PENDIDIK STIKes R.S HAJI MEDAN TAHUN 2012

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : RINCE DAMERIA HUTABALIAN
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Metode Pembelajaran Praktek, Pembelajaran Mikro
Url : http://www.helvetia.ac.id

Salah satu kegiatan pendidikan adalah menyelenggarakan proses belajar mengajar. Untuk melakukan perubahan dalam proses pendidikan, maka dibutuhkan metode yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik. Metode pembelajaran praktek adalah metode yang digunakan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan para peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh untuk dilakukan di lapangan atau di dalam kehidupan nyata, pekerjaan, atau tugas praktek Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Metode Pembelajaran Praktek Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Mahasiswa D-IV Bidan Pendidik STIKes R.S Haji Medan Tahun 2012. Sampelnya adalah mahasiswi D-IV Bidan Pendidik STIKes R.S Haji Medan sebanyak 44 orang. Pengumpulan data dengan menyebarkan angket dan tes.


Hasil analisis univariat memperlihatkan bahwa mayoritas responden menyatakan metode pembelajaran praktek mata kuliah pembelajaran mikro adalah baik 31 orang (70,5 %). Dan mayoritas responden yang memperoleh hasil belajar praktek mata kuliah pembelajaran mikro adalah baik 23 orang (52,3 %). Dari hasil uji t yang telah dilakukan maka diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran praktek berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah pembelajaran mikro.


Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan metode pembelajaran praktek, baik oleh dosen maupun mahasiswa sehingga hasil belajar yang dicapai dapat lebih dimaksimalkan, khusunya pada mata kuliah pembelajaran mikro.

Deskripsi Alternatif :

Salah satu kegiatan pendidikan adalah menyelenggarakan proses belajar mengajar. Untuk melakukan perubahan dalam proses pendidikan, maka dibutuhkan metode yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik. Metode pembelajaran praktek adalah metode yang digunakan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan para peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh untuk dilakukan di lapangan atau di dalam kehidupan nyata, pekerjaan, atau tugas praktek Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Metode Pembelajaran Praktek Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Mahasiswa D-IV Bidan Pendidik STIKes R.S Haji Medan Tahun 2012. Sampelnya adalah mahasiswi D-IV Bidan Pendidik STIKes R.S Haji Medan sebanyak 44 orang. Pengumpulan data dengan menyebarkan angket dan tes.


Hasil analisis univariat memperlihatkan bahwa mayoritas responden menyatakan metode pembelajaran praktek mata kuliah pembelajaran mikro adalah baik 31 orang (70,5 %). Dan mayoritas responden yang memperoleh hasil belajar praktek mata kuliah pembelajaran mikro adalah baik 23 orang (52,3 %). Dari hasil uji t yang telah dilakukan maka diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran praktek berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah pembelajaran mikro.


Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan metode pembelajaran praktek, baik oleh dosen maupun mahasiswa sehingga hasil belajar yang dicapai dapat lebih dimaksimalkan, khusunya pada mata kuliah pembelajaran mikro.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Salim Akhtar, M.Pd


    Dr. Sri Faizah Lisnasari, M.Si, Editor: LPPM STIKes Helvetia