Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN HASIL BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN II (PERSALINAN) DI AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2013
Oleh : Rinda Fairus Malau (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 3 file
Keyword : Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Url : http://helvetia.ac.id/library
Dalam kegiatan belajar sangat diperlukan adanya motivasi belajar. Motivasi merupakan perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya perasaan dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Faktor- faktor yang mempengaruhi mahasiswa dari dalam diri disebut faktor internal, sedangkan faktor yang mempengaruhi mahasiswa dari luar diri mahasiswa disebut faktor eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar mahasiswi dengan hasil belajar mahasiswi di Akademi Kebidanan Sehat Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian studi korelasi yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk membandingkan hasil pengukuran dua variabel yang berbeda agar dapat menentukan tingkat hubungan antara variabel- variabel tersebut. Dengan melakukan pendekatan corelational study yaitu pengumpulan data yang diperoleh dalam waktu bersamaan satu kali pada saat pembagian kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji univariat memperlihatkan bahwa mayoritas responden memiliki motivasi yang tinggi (59,4%) dan mayoritas responden memperoleh hasil belajar yang sangat baik (49,3%). Berdasarkan hasil uji analisis penelitian membuktikan bahwa motivasi memiliki hubungan signifikan dengan hasil belajar ( sig-p < 0,05). Hal ini berarti bahwa semakin baik motivasi belajar, semakin besar peluang memperoleh hasil belajar yang lebih baik.
Deskripsi Alternatif :Dalam kegiatan belajar sangat diperlukan adanya motivasi belajar. Motivasi merupakan perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya perasaan dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Faktor- faktor yang mempengaruhi mahasiswa dari dalam diri disebut faktor internal, sedangkan faktor yang mempengaruhi mahasiswa dari luar diri mahasiswa disebut faktor eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar mahasiswi dengan hasil belajar mahasiswi di Akademi Kebidanan Sehat Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian studi korelasi yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk membandingkan hasil pengukuran dua variabel yang berbeda agar dapat menentukan tingkat hubungan antara variabel- variabel tersebut. Dengan melakukan pendekatan corelational study yaitu pengumpulan data yang diperoleh dalam waktu bersamaan satu kali pada saat pembagian kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji univariat memperlihatkan bahwa mayoritas responden memiliki motivasi yang tinggi (59,4%) dan mayoritas responden memperoleh hasil belajar yang sangat baik (49,3%). Berdasarkan hasil uji analisis penelitian membuktikan bahwa motivasi memiliki hubungan signifikan dengan hasil belajar ( sig-p < 0,05). Hal ini berarti bahwa semakin baik motivasi belajar, semakin besar peluang memperoleh hasil belajar yang lebih baik.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Salim Aktar, Elisabet Putri, Editor: LPPM STIKes Helvetia