Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN LABORATORIUM DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN PADA MAHASISWA DI AKADEMI KEBIDANAN WIDYA HUSADA MEDAN TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : RISMANIAR SIMANJUNTAK (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 2 file

Keyword : Metode Pembelajaran Laboratorium, Hasil Belajar, Praktik Askeb-I
Url : http://helvetia.ac.id/library

Pembelajaran Laboratorium adalah pembelajaran yang menggunakan laboratorium sebagai sumber belajar. Laboratorium merupakan suatu tempat yang sengaja di desain untuk kegiatan penelitian dan percobaan, sehingga sangat tepat jika laboratorium digunakan untuk pembelajaran Ante natal care. Metode penelitian ini bersifat deskriptif analitik, untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran laboratorium dengan hasil belajar praktek asuhan kebidanan kehamilan pada mahasiswa di Akademi Kebidanan Widya Husada tahun 2013, waktu penelitian dimulai dari bulan Mei sampai Juli 2013, sampel penelitian ini seluruh populasi dijadikan menjadi sampel. Besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus teknik total sampling, data ini di analisis dengan uji chi square. Hasil analisis membuktikan mayoritas responden yang mampu melakukan metode pembelajaran simulasi dengan hasil belajar praktik Asuhan Kebidanan I dengan baik, dari perhitungan chi square dan tabulasi silang dengan metode pembelajaran simulasi yang baik sebanyak 41 orang (53,2%) dan mayoritas yang melakukan metode demontrasi dengan baik sebanyak (53,2%) dan yang melakukan pembelajaran studi mandiri dengan baik sebanyak 40 orang (51,9%). Disimpulkan bahwa semakin baik mahasiswa mengetahui metode pembelajaran Laboratorium maka semakin baik pula nilai hasil belajar askeb 1 (Kehamilan) mahasiswa

Deskripsi Alternatif :

Pembelajaran Laboratorium adalah pembelajaran yang menggunakan laboratorium sebagai sumber belajar. Laboratorium merupakan suatu tempat yang sengaja di desain untuk kegiatan penelitian dan percobaan, sehingga sangat tepat jika laboratorium digunakan untuk pembelajaran Ante natal care. Metode penelitian ini bersifat deskriptif analitik, untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran laboratorium dengan hasil belajar praktek asuhan kebidanan kehamilan pada mahasiswa di Akademi Kebidanan Widya Husada tahun 2013, waktu penelitian dimulai dari bulan Mei sampai Juli 2013, sampel penelitian ini seluruh populasi dijadikan menjadi sampel. Besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus teknik total sampling, data ini di analisis dengan uji chi square. Hasil analisis membuktikan mayoritas responden yang mampu melakukan metode pembelajaran simulasi dengan hasil belajar praktik Asuhan Kebidanan I dengan baik, dari perhitungan chi square dan tabulasi silang dengan metode pembelajaran simulasi yang baik sebanyak 41 orang (53,2%) dan mayoritas yang melakukan metode demontrasi dengan baik sebanyak (53,2%) dan yang melakukan pembelajaran studi mandiri dengan baik sebanyak 40 orang (51,9%). Disimpulkan bahwa semakin baik mahasiswa mengetahui metode pembelajaran Laboratorium maka semakin baik pula nilai hasil belajar askeb 1 (Kehamilan) mahasiswa

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Willhelmina Wahara, Terang Uli J. Sembiring, Editor: LPPM STIKes Helvetia