Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN KEPUASAN MAHASISWA TENTANG SARANA INSTIRUS DENGAN HASIL EVALUASI BELAJAR PADA MATA KULIAH ASKEB II DI AKADEMI KEBIDANAN BUSTANUL ULUM LANGSA TAHUN 2013
Oleh : Rohani Ningsih (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Kepuasan Mahasiswa, Sarana Institusi, Hasil Evaluasi Belajar
Url : http://helvetia.ac.id/library
Kepuasan siswa merupakan suatu sikap positif siswa terhadap pelayanan proses belajar mengajaran yang dilaksanakan oleh guru karena adanya kesesuaian antara apa yang diharapkan dan dibutukan dengan kenyataan yang diterimanya. Dalam proses belajar mengajar dibutukan sarana dan prasarana yang memenuhi standat nasional pendidikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan studi korelasi. Yaitu hubungan kepuasan mahasiswa tentang sarana institusi dengan hasil evaluasi belajar mahasiswa askeb II di Akademi Kebidanan Bustanul Ulum Langsa Tahun 2013. Populasi penelitian ini sebanyak 60 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Aspek pengukuran digunakan dalam penelitian ini yaitu angket sebagai data primer yaitu tentang peralatan belajar, alat peraga, fasilitas belajar dan hasil evaluasi belajar.hasil penelitian ini telah dilakukan uji chi square yang menunjukan bahwa adanya kepuasan mahasiswa tentang peralatan belajar terdapat bahwa p =0,003 <α 0,05. Alat bantu terdapat bahwa p = 0,049 <α 0,05. Fasilitas belajar terdapat bahwa p =0,025 <α 0,05 maka dari hasil penelitian Ho ditolak Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa hubungan kepuasan mahasiswa tentang sarana institusi berpengaruh kuat terhadap hasil evaluasi belajar mahasiswa pada mata kuliah askeb II. Bagi institusi Akademi kebidanan Bustanul Ulum Langsa untuk menjaga kelengkapan sarana institusi yang telah ada, dengan adanya kelengkapan fasilitas belajar tersebut akan meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Deskripsi Alternatif :Kepuasan siswa merupakan suatu sikap positif siswa terhadap pelayanan proses belajar mengajaran yang dilaksanakan oleh guru karena adanya kesesuaian antara apa yang diharapkan dan dibutukan dengan kenyataan yang diterimanya. Dalam proses belajar mengajar dibutukan sarana dan prasarana yang memenuhi standat nasional pendidikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan studi korelasi. Yaitu hubungan kepuasan mahasiswa tentang sarana institusi dengan hasil evaluasi belajar mahasiswa askeb II di Akademi Kebidanan Bustanul Ulum Langsa Tahun 2013. Populasi penelitian ini sebanyak 60 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Aspek pengukuran digunakan dalam penelitian ini yaitu angket sebagai data primer yaitu tentang peralatan belajar, alat peraga, fasilitas belajar dan hasil evaluasi belajar.hasil penelitian ini telah dilakukan uji chi square yang menunjukan bahwa adanya kepuasan mahasiswa tentang peralatan belajar terdapat bahwa p =0,003 <α 0,05. Alat bantu terdapat bahwa p = 0,049 <α 0,05. Fasilitas belajar terdapat bahwa p =0,025 <α 0,05 maka dari hasil penelitian Ho ditolak Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa hubungan kepuasan mahasiswa tentang sarana institusi berpengaruh kuat terhadap hasil evaluasi belajar mahasiswa pada mata kuliah askeb II. Bagi institusi Akademi kebidanan Bustanul Ulum Langsa untuk menjaga kelengkapan sarana institusi yang telah ada, dengan adanya kelengkapan fasilitas belajar tersebut akan meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Fitriani P. Gurning, Ivansri Marsaulina P , Editor: LPPM STIKes Helvetia