Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODE DISKUSI DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH ASUHAN PATOLOGI DI AKBID SEHAT MEDAN TAHUN 2012

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : R. OKTAVIANCE S.
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Persepsi, Metode Diskusi, Ceramah, Hasil Belajar, Asuhan Patologi
Url : http://www.helvetia.ac.id

Mata Kuliah Asuhan Patologi merupakan salah satu mata kuliah dengan hasil belajar mahasiswa yang kurang baik di Akademi Kebidanan sehat Medan. Banyak faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar mahasiswa yaitu persepsi mahasiswa tentang metode diskusi dan ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang metode diskusi dan ceramah terhadap hasil belajar mata kuliah asuhan patologi.


Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain cross sectional. Lokasi penelitian di Akademi Kebidanan Sehat Medan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2012. Populasi sebanyak 102 orang, dan sampel sebanyak 82 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang metode diskusi dengan hasil belajar Asuhan Patologi Kebidanan, p=0,005. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang metode ceramah dengan hasil belajar Asuhan Patologi Kebidanan, p=0,000.


Kesimpulan penelitian ini bahwa semakin baik persepsi mahasiswa terhadap metode diskusi dan metode ceramah yang digunakan dosen maka hasil belajarnya juga semakin memuaskan. Disarankan kepada dosen memberikan materi kuliah kepada mahasiswa dalam dengan menggunakan metode diskusi dan metode ceramah agar tidak membosankan sehingga mahasiswa mudah memahami materi yang disampaikan.

Deskripsi Alternatif :

Mata Kuliah Asuhan Patologi merupakan salah satu mata kuliah dengan hasil belajar mahasiswa yang kurang baik di Akademi Kebidanan sehat Medan. Banyak faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar mahasiswa yaitu persepsi mahasiswa tentang metode diskusi dan ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang metode diskusi dan ceramah terhadap hasil belajar mata kuliah asuhan patologi.


Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain cross sectional. Lokasi penelitian di Akademi Kebidanan Sehat Medan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2012. Populasi sebanyak 102 orang, dan sampel sebanyak 82 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang metode diskusi dengan hasil belajar Asuhan Patologi Kebidanan, p=0,005. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang metode ceramah dengan hasil belajar Asuhan Patologi Kebidanan, p=0,000.


Kesimpulan penelitian ini bahwa semakin baik persepsi mahasiswa terhadap metode diskusi dan metode ceramah yang digunakan dosen maka hasil belajarnya juga semakin memuaskan. Disarankan kepada dosen memberikan materi kuliah kepada mahasiswa dalam dengan menggunakan metode diskusi dan metode ceramah agar tidak membosankan sehingga mahasiswa mudah memahami materi yang disampaikan.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Dr. Srie Faizah Lisnasari, M.Si


    Willhelmina Wahara, SST, M.Keb, Editor: LPPM STIKes Helvetia