Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODE DISKUSI DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH ASUHAN PATOLOGI DI AKBID SEHAT MEDAN TAHUN 2012
Oleh : R. OKTAVIANCE S.
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Persepsi, Metode Diskusi, Ceramah, Hasil Belajar, Asuhan Patologi
Url : http://www.helvetia.ac.id
Mata Kuliah Asuhan Patologi merupakan salah satu mata kuliah dengan hasil belajar mahasiswa yang kurang baik di Akademi Kebidanan sehat Medan. Banyak faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar mahasiswa yaitu persepsi mahasiswa tentang metode diskusi dan ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang metode diskusi dan ceramah terhadap hasil belajar mata kuliah asuhan patologi.
Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain cross sectional. Lokasi penelitian di Akademi Kebidanan Sehat Medan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2012. Populasi sebanyak 102 orang, dan sampel sebanyak 82 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang metode diskusi dengan hasil belajar Asuhan Patologi Kebidanan, p=0,005. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang metode ceramah dengan hasil belajar Asuhan Patologi Kebidanan, p=0,000.
Kesimpulan penelitian ini bahwa semakin baik persepsi mahasiswa terhadap metode diskusi dan metode ceramah yang digunakan dosen maka hasil belajarnya juga semakin memuaskan. Disarankan kepada dosen memberikan materi kuliah kepada mahasiswa dalam dengan menggunakan metode diskusi dan metode ceramah agar tidak membosankan sehingga mahasiswa mudah memahami materi yang disampaikan.
Mata Kuliah Asuhan Patologi merupakan salah satu mata kuliah dengan hasil belajar mahasiswa yang kurang baik di Akademi Kebidanan sehat Medan. Banyak faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar mahasiswa yaitu persepsi mahasiswa tentang metode diskusi dan ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang metode diskusi dan ceramah terhadap hasil belajar mata kuliah asuhan patologi.
Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain cross sectional. Lokasi penelitian di Akademi Kebidanan Sehat Medan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2012. Populasi sebanyak 102 orang, dan sampel sebanyak 82 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang metode diskusi dengan hasil belajar Asuhan Patologi Kebidanan, p=0,005. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang metode ceramah dengan hasil belajar Asuhan Patologi Kebidanan, p=0,000.
Kesimpulan penelitian ini bahwa semakin baik persepsi mahasiswa terhadap metode diskusi dan metode ceramah yang digunakan dosen maka hasil belajarnya juga semakin memuaskan. Disarankan kepada dosen memberikan materi kuliah kepada mahasiswa dalam dengan menggunakan metode diskusi dan metode ceramah agar tidak membosankan sehingga mahasiswa mudah memahami materi yang disampaikan.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Dr. Srie Faizah Lisnasari, M.Si
Willhelmina Wahara, SST, M.Keb, Editor: LPPM STIKes Helvetia