Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN SIKAP MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN ASUHAN PERSALINAN NORMAL DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DI AKADEMI KEBIDANAN HELVETIA MEDAN TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : Selvia Rifah (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Sikap Pada Pembelajaran, Hasil Belajar
Url : http://helvetia.ac.id/library

Dalam proses belajar mengajar, sikap memiliki peran dalam menentukan kualitas belajar yang dilaksanakan. Sikap terbentuk atas dasar kebutuhan yang dimiliki dan informasi yang diterima. Hasil belajar diukur untuk mengetahui pencapaian tujuan pendidikan sehingga hasil harus sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan sikap pada pembelajaran asuhan persalinan normal dengan hasil belajar mahasiswa.Penelitian ini bersifat studi korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional,yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara sikap mahasiswa pada pembelajaran asuhan persalinan normal dengan hasil belajar mahasiswa. Sampelnya adalah mahasiswi tingkat II Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2013 dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 77 orang yang diperoleh dari penyebaran angket dan diuji dengan uji regresi linier. Hasil analisis univariat membuktikan bahwa mayoritas responden memiliki sikap pada pembelajaran asuhan persalinan normal yang positif yaitu 61 orang (79.2%). Dari hasil tabulasi silang, responden yang memiliki sikap pada pembelajaran asuhan persalinan normal positif dengan hasil belajar baik sebanyak 13 orang (16.9 %), yang memiliki sikap pada pembelajaran asuhan persalinan normal positif dengan hasil belajar cukup 48 orang (62.3 %) dan kurang tidak ada. Hasil penelitian terdapat hubungan sikap dengan hasil belajar dengan nilai p = 0.000. Kesimpulan penelitian ini bahwa Adanya hubungan sikap mahasiswa dalam pembelajaran asuhan persalinan normal dengan hasil belajar mahasiswa.

Deskripsi Alternatif :

Dalam proses belajar mengajar, sikap memiliki peran dalam menentukan kualitas belajar yang dilaksanakan. Sikap terbentuk atas dasar kebutuhan yang dimiliki dan informasi yang diterima. Hasil belajar diukur untuk mengetahui pencapaian tujuan pendidikan sehingga hasil harus sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan sikap pada pembelajaran asuhan persalinan normal dengan hasil belajar mahasiswa.Penelitian ini bersifat studi korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional,yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara sikap mahasiswa pada pembelajaran asuhan persalinan normal dengan hasil belajar mahasiswa. Sampelnya adalah mahasiswi tingkat II Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2013 dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 77 orang yang diperoleh dari penyebaran angket dan diuji dengan uji regresi linier. Hasil analisis univariat membuktikan bahwa mayoritas responden memiliki sikap pada pembelajaran asuhan persalinan normal yang positif yaitu 61 orang (79.2%). Dari hasil tabulasi silang, responden yang memiliki sikap pada pembelajaran asuhan persalinan normal positif dengan hasil belajar baik sebanyak 13 orang (16.9 %), yang memiliki sikap pada pembelajaran asuhan persalinan normal positif dengan hasil belajar cukup 48 orang (62.3 %) dan kurang tidak ada. Hasil penelitian terdapat hubungan sikap dengan hasil belajar dengan nilai p = 0.000. Kesimpulan penelitian ini bahwa Adanya hubungan sikap mahasiswa dalam pembelajaran asuhan persalinan normal dengan hasil belajar mahasiswa.


Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Darwin Samsul, Roslina Julianti

    , Editor: LPPM STIKes Helvetia