Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWI TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA DENGAN HASIL BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN III PADA MAHASISWI SMESTER III DI AKBID SEHAT MEDAN TAHUN 2013
Oleh : Seyana Eva Nurlailis (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Persepsi, Keterampilan Bertanya, Hasil Belajar
Url : http://helvetia.ac.id/library
Dilihat dari hasil data seluruh mahasiswi Program Studi D-III Kebidanan Sehat Medan untuk mata kuliah ASKEB III (NIFAS) tahun 2012-2013 yang berjumlah 173 yang mewakili satu kelas (kelas A) yang berjumlah 59, mayoritas mahasiswa mendapat nilai A (3,3%), B (33,8%), nilai C (62,7%), nilai D (0%), dan nilai E (0%), ini menunjukkan penguasaan mata kuliah ASKEB III (NIFAS) masih kurang baik, karena target nilai ASKEB III (NIFAS) secara keseluruhan adalah B (Akbid Sehat Medan 2013). Jenis penelitian ini adalah penelitian Korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian sebanyak 3 kelas yaitu 173 orang, dan sampel diambil sebanyak 63 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah rumus slovin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket sebagai data primer dan hasil belajar Asuhan Nifas sebagai data sekunder. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswi terhadap keterampilan bertanya dosen dalam pengelolaan kelas dalam kategori cukup yaitu 33 responden (52,4%), dan minoritas kurang 13 responden (20,6%). Hasil belajar Askeb Nifas mayoritas Cukup yaitu 26 responden ( 41,3%), dan minoritas hasil belajar kurang yaitu 4 responden ( 6,3%). Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswi terhadap keterampilan bertanya dosen dengan hasil belajar asuhan kebidanan nifas. Uji statistik menggunakan uji Chi-Square (P value = 0.000 < 0,05). Kesimpulan penelitian ini bahwa persepsi mahasiswi terhadap keterampilan bertanya dosen berhubungan signifikan dengan hasil belajar mahasiswi mata kuliah asuhan kebidanan nifas.
Dilihat dari hasil data seluruh mahasiswi Program Studi D-III Kebidanan Sehat Medan untuk mata kuliah ASKEB III (NIFAS) tahun 2012-2013 yang berjumlah 173 yang mewakili satu kelas (kelas A) yang berjumlah 59, mayoritas mahasiswa mendapat nilai A (3,3%), B (33,8%), nilai C (62,7%), nilai D (0%), dan nilai E (0%), ini menunjukkan penguasaan mata kuliah ASKEB III (NIFAS) masih kurang baik, karena target nilai ASKEB III (NIFAS) secara keseluruhan adalah B (Akbid Sehat Medan 2013). Jenis penelitian ini adalah penelitian Korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian sebanyak 3 kelas yaitu 173 orang, dan sampel diambil sebanyak 63 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah rumus slovin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket sebagai data primer dan hasil belajar Asuhan Nifas sebagai data sekunder. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswi terhadap keterampilan bertanya dosen dalam pengelolaan kelas dalam kategori cukup yaitu 33 responden (52,4%), dan minoritas kurang 13 responden (20,6%). Hasil belajar Askeb Nifas mayoritas Cukup yaitu 26 responden ( 41,3%), dan minoritas hasil belajar kurang yaitu 4 responden ( 6,3%). Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswi terhadap keterampilan bertanya dosen dengan hasil belajar asuhan kebidanan nifas. Uji statistik menggunakan uji Chi-Square (P value = 0.000 < 0,05). Kesimpulan penelitian ini bahwa persepsi mahasiswi terhadap keterampilan bertanya dosen berhubungan signifikan dengan hasil belajar mahasiswi mata kuliah asuhan kebidanan nifas.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Sarma Lumbanraja, Nurhasnah, Editor: LPPM STIKes Helvetia