Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN STUDI KASUS DENGAN EVALUASI BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN IV PATOLOGI PADA MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN DELI HUSADA DELITUA TAHUN 2014

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : SITI MARIANI DEWI
Dibuat : , dengan 2 file

Keyword : Metode Studi Kasus, Evaluasi Belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id

Keberhasilan implementasi strategi pembelajaran sangat tergantung pada cara dosen menggunakan metode pembelajaran, karena suatu strategi pembelajaran hanya mungkin dapat diimplementasikan melalui penggunaan metode pembelajaran. Metode studi kasus digunakan untuk mengembangkan berfikir kritis dan menemukan solusi baru dari suatu topik yang dipecahkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keefektifan metode pembelajaran studi kasus dengan evaluasi belajar asuhan kebidanan IV (Patologi) pada mahasiswa Akademi Kebidanan Deli Husada Delitua Tahun 2014. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa semester IV akademi kebidanan Deli Husada Delitua Tahun 2014 sebanyak 171 orang sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 orang dari perwakilan 4 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data analisa menggunakan uji statistik korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode studi kasus yang efektif pada mahasiswa sebanyak 48 orang (76,2%) dengan kategori evaluasi belajar yang baik 25 orang (39,7%), evaluasi belajar cukup sebanyak 23 orang (36,5%), dan yang evaluasi belajar kurang sebanyak 0 orang (0 %), sedangkan metode studi kasus yang tidak efektif pada mahasiswa sebanyak 15 orang (23,8%) dengan kategori evaluasi belajar yang baik sebanyak 2 orang (3,2%), evaluasi belajar yang cukup sebanyak 12 orang (19%), dan evaluasi yang kurang sebanyak 1 orang (1,6%). Adanya keefektifan hubungan metode pembelajaran studi kasus denga evaluasi belajar asuhan kebidanan IV (Patologi) Akademi Kebidanan Deli Husada Delitua dengan nilai signifikannya p = 0,003 < a = 0,05 berarti Ha diterima. Terdapat hubungan sedang antara metode pembelajaran studi kasus dengan evaluasi belajar asuhan kebidanan IV (Patologi) dimana nilai koefisien r hitung = 0,369.Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan yang sedang antara metode pembelajaran studi kasus dengan evaluasi belajar asuhan kebidanan IV (Patologi) akademi kebidanan Deli Husada Delitua.

Deskripsi Alternatif :

Keberhasilan implementasi strategi pembelajaran sangat tergantung pada cara dosen menggunakan metode pembelajaran, karena suatu strategi pembelajaran hanya mungkin dapat diimplementasikan melalui penggunaan metode pembelajaran. Metode studi kasus digunakan untuk mengembangkan berfikir kritis dan menemukan solusi baru dari suatu topik yang dipecahkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keefektifan metode pembelajaran studi kasus dengan evaluasi belajar asuhan kebidanan IV (Patologi) pada mahasiswa Akademi Kebidanan Deli Husada Delitua Tahun 2014. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa semester IV akademi kebidanan Deli Husada Delitua Tahun 2014 sebanyak 171 orang sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 orang dari perwakilan 4 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data analisa menggunakan uji statistik korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode studi kasus yang efektif pada mahasiswa sebanyak 48 orang (76,2%) dengan kategori evaluasi belajar yang baik 25 orang (39,7%), evaluasi belajar cukup sebanyak 23 orang (36,5%), dan yang evaluasi belajar kurang sebanyak 0 orang (0 %), sedangkan metode studi kasus yang tidak efektif pada mahasiswa sebanyak 15 orang (23,8%) dengan kategori evaluasi belajar yang baik sebanyak 2 orang (3,2%), evaluasi belajar yang cukup sebanyak 12 orang (19%), dan evaluasi yang kurang sebanyak 1 orang (1,6%). Adanya keefektifan hubungan metode pembelajaran studi kasus denga evaluasi belajar asuhan kebidanan IV (Patologi) Akademi Kebidanan Deli Husada Delitua dengan nilai signifikannya p = 0,003 < a = 0,05 berarti Ha diterima. Terdapat hubungan sedang antara metode pembelajaran studi kasus dengan evaluasi belajar asuhan kebidanan IV (Patologi) dimana nilai koefisien r hitung = 0,369.Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan yang sedang antara metode pembelajaran studi kasus dengan evaluasi belajar asuhan kebidanan IV (Patologi) akademi kebidanan Deli Husada Delitua.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Drs. H. Ismail Efendi, M.Si dan WillhelminaWahara SST, M.Keb, Editor: LPPM STIKes Helvetia